MANFAAT GADGET UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK

20

Mendapati anak main smartphone, tablet, atau gadget lainnya tentu membuat para orangtua jadi lebih waspada. Anda takut si kecil jadi malas beraktivitas, kecanduan gadget, hingga merusak otak dan tumbuh kembangnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa kecanggihan teknologi bisa menjadi senjata ampuh untuk menenangkan anak yang rewel. American Academy of Pediatric mengungkapkan bahwa kehadiran gadget ternyata juga bisa mendukung tumbuh kembang anak. Berikut ini berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika memperbolehkan anak main gadget, yaitu:

  • Merangsang keterampilan motorik

Keterampilan motorik adalah kemampuan yang berkaitan dengan gerakan otot-otot tubuh seperti bibir, lidah, tangan, dan kaki. Keterampilan motorik anak ini ternyata bisa dilatih lewat permainan edukasi yang tersedia dalam gadget. Saat memegang smartphone atau tablet, anak akan melibatkan koordinasi mata dan gerakan jari-jari tangannya untuk membuka aplikasi, mengikuti arahan kursor saat bermain, menekan tombol kanan atau kiri, atau menunjuk benda-benda yang diinginkan. Secara tidak langsung, hal ini dapat melatih kemampuan motorik anak dimasa pertumbuhannya.

  • Melatih cara berpikir

Perkembangan teknologi saat ini ternyata dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan lebih cepat dan lebih baik. Saat ini sudah banyak media interaktif, video game, atau program edukatif lainnya yang dapat merangsang kemampuan berpikir pada anak. Contohnya pada permainan puzzle, anak dirangsang untuk fokus dan mencari cara menyusun potongan-potongan gambar yang acak menjadi satu gambar yang utuh. Permainan seperti inilah yang dapat merangsang cara berpikir anak untuk memecahkan masalah supaya bisa terus maju ke level selanjutnya.

  • Merangsang anak berpikir kreatif

Membiarkan anak main gadget ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk merangsang kreativitas anak. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat melatih keseimbangan otak kiri dan kanan, salah satunya lewat kegiatan menggambar dan mewarnai. Dengan kegiatan mewarnai, anak akan tertarik untuk berpikir kreatif dengan memadukan berbagai warna ke dalam satu gambar. Cara ini dapat membantu anak menuangkan ide dan kreativitasnya. Selain mengasah kreativitas, terapi warna ini juga bisa menjadi metode relaksasi bagi anak.

Meskipun boleh membiarkan anak bermain gadget dengan alasan manfaatnya, Anda tetap perlu memperhatikan batasan-batasannya juga. Ingatlah, tetap saja ada dampak negatif yang bisa membuat anak kecanduan gadget. Jangan sampai kebiasaan ini membuat anak tidak punya banyak waktu untuk istirahat siang, bermain, belajar atau melatih berbicara dimasa pertumbuhannya.

Pakar kesehatan merekomendasikan bahwa sebaiknya anak baru boleh main gadget mulai usia 2-5 tahun. Ini bertujuan supaya orangtua dapat berperan penuh untuk melatih tumbuh kembang anak setidaknya sampai usia 2 tahun. Batasi waktu main gadget maksimal 1-2 jam per hari. Sebisa mungkin, selalu dampingi dan bantu anak dalam memahami apa yang mereka lihat dari layar gawai. Selain main gadget, jangan lupa seimbangkan juga dengan berbagai aktivitas diluar rumah yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. (RD)

Sumber:

  1. Sundus M. The impact of using gadgets on children. Journal of depression and anxiety. 2018
  2. Parenting in a digital age: what are the benefits for my child of using technology. 2017. Available at https://swgfl.org.uk/magazine/what-are-the-benefits-for-my-child-of-using-techno/