Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

130

Ginseng merupakan tanaman herbal yang populer, karena memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Secara tradisional, akar dari tanaman ginseng dipakai untuk membantu mengatasi berbagai kondisi medis. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh. Minuman teh ginseng ini biasanya dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa manfaat ginseng yang patut Anda ketahui:

  1. Anti-aging alami

Sebagian masyarakat mungkin belum banyak yang tahu kalau ginseng kaya akan kandungan saponin. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas yang disebabkan oleh polusi serta pancaran sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Efek buruk dari radikal bebas yang dicegah oleh gingseng mampu mencegah kerusakan kulit. Selain mencegah kerusakan kulit, rutin menggunakan produk skin care yang mengandung ginseng setiap hari juga dapat mengurangi timbulnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus. Anda bisa memilih skin care yang memiliki kombinasi gingseng dan zat-zat yang mengandung vitamin C untuk melengkapi efek peremajaan untuk kulit Anda.

  1. Anti radang

Selain mempunyai sifat antioksidan, ginseng ternyata juga mempunyai efek antiradang. Efek antiradang pada ginseng ini mungkin ada karena senyawa ginsenosida dalam ginseng. Senyawa ini mempunyai efek meningkatkan kekebalan tubuh. Kedua efek ini menyebabkan tubuh Anda lebih kuat dalam melawan kuman penyebab penyakit.

  1. Mengontrol penyakit diabetes

Salah satu khasiat ginseng Amerika kemungkinan adalah bisa membantu menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. Namun, kadar gula darah Anda mungkin bisa turun drastis hingga terjadi hipoglikemia jika Anda mengonsumsi obat penurun gula darah bersamaan dengan ginseng Amerika. Sebaiknya hati-hati dan cek selalu kadar gula darah Anda jika mengonsumsi tanaman herba ini.

  1. Membantu mengatasi insomnia

Keluhan susah tidur (insomnia) tentu pernah dialami setiap orang. Meski banyak hal yang menyebabkan insomnia, ginseng tetap dapat mengatasi keluhan ini. Hal ini terjadi karena zat gizi di dalam ginseng dapat terserap sempurna, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Salah satu manfaat ginseng adalah meningkatkan kemampuan berpikir atau kognitif. Kandungan antioksidan dalam ginseng dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel di otak. Sehingga, ginseng juga dapat mencegah demensiaalzheimer, dan gangguan kognitif lainnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan pengobatan dengan ginseng, ikuti petunjuk pemakaiannya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Belilah produk yang sudah terdaftar di BPOM RI, dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ginseng. (RH/STE)

Daftar Pustaka

Hidayat, S. (2005). Ginseng, Multivitamin Alami Berkhasiat, Penebar Swadaya, Jakarta

US National Library of Medicine. NIH MedlinePlus (2017). Herbs and Supplements. American Ginseng


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store