Manfaat Hobi Berkebun Bagi Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

328

Hobi berkebun mungkin sering dianggap sebagai hobi yang membosankan dan ketinggalan jaman. Namun bagi orang yang menyukai alam dan ingin berhubungan dengan alam, berkebun merupakan cara santai, menyenangkan bahkan membawa kebahagiaan.

Ada banyak manfaat kesehatan dari berkebun yang menunjukkan bahwa pentingnya memiliki hobi ini. Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat berkebun bagi kesehatan tubuh dan mental? Simak penjelasan di bawah ini yaa

Apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari hobi berkebun?

  1. Membakar kalori dan lemak pada tubuh

Pada saat melakukan kegiatan berkebun, mulai dari menanam, menyiram hingga memangkas tanaman, tubuh kamu akan bergerak aktif sehingga mendukung proses pembakaran kalori menjadi energi. Bahkan berkebun dalam waktu satu jam saja, jumlah kalori dalam tubuh yang terbakar bisa mencapai hingga 380 kalori, melebihi kalori yang terbakar saat bersepeda.

  1. Memperlancar peredaran darah dan mengontrol tekanan darah
  2. Meningkatkan kebugaran

Ketika melakukan banyak gerakan, tingkat kebugaran cenderung meningkatkan. Selain itu, dengan membawa dan menggunakan alat-alat berkebun seperti cangkul dan pemotong rumput akan memberikan beberapa latihan yang baik untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan kreatifitas

Saat berkebun, pikiran akan jauh lebih bersemangat, dan bisa meningkatkan kreativitas. Ketika Anda banyak melihat tanaman hijau, pikiran akan lebih positif dan jauh lebih produktif.

  1. Menjadikan pikiran lebih rileks

Menghirup udara segar atau menyentuh tanah akan memberikan pikiran jauh lebih santai. Bahkan tanpa disadari sebelumnya aktivitas ini membuat pikiran rileks dan semakin sehat.

  1. Menstimulasi otak

Berkebun merupakan cara yang bagus untuk menstimulasi otak. Dalam dua penelitian ditemukan bahwa berkebun dapat memiliki pengaruh positif dalam mengurangi risiko menjadi pikun bagi orang-orang berusia 60-an dan 70-an.

  1. Mengurangi stres

Berkebun dapat membantu mengurangi hormon stres. Saat melihat bunga-bunga bermekaran dan hijaunya dedaunan pasti Anda akan merasa bahagia dan tersenyum. Hijau daun identik dengan warna alam yang membawa kesegaran dan Anda memunculkan perasaan yang tenang, damai dan nyaman sehingga mengurangi stress.

  1. Mengurangi kemungkinan osteoporosis

Ketika Anda berkebun yaitu menggali, menanam, dan menyiangi maka dibutuhkan kekuatan atau peregangan. Dengan ini semua kelompok otot dan tulang bekerja dan bergerak sehingga menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Tanah dengan banyak kuman dan bakteri, tentu terdengar seperti sesuatu yang tidak diinginkan. Namun, paparan mikroorganisme ini terutama untuk anak-anak, dapat membantu meningkatkan kekebalan terhadap penyakit dikemudian hari.

  1. Diet sehat

Dengan berkebun, Anda dapat melaksanakan diet sehat dengan mengonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan hasil kebun dan tidak mengonsumsi makanan cepat saji lebih sering. Tentu hal ini juga membuat anda lebih hemat dan sehat.

Nah, itulah manfaat berkebun bagi kesehatan. Manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan diri tetapi juga dapat membantu melestarikan lingkungan. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkebun? (LM)

Referensi

  1. Wonderful Health Benefits of Gardening [Infographic]. (2018). Retrieved from https://organiclesson.com/6-wonderful-health-benefits-of-gardening/
  2. Reasons Why Gardening Is Good For Your Health. (2018). Retrieved from https://gardeninggonewild.com/13-reasons-why-gardening-is-good-for-your-health/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store