MANFAAT HUMIDIFIER BAGI KESEHATAN

47

Humidifier merupakan alat yang digunakan untuk menjaga kelembapan udara dalam ruangan. Alat ini dapat bermanfaat untuk melegakan saluran pernapasan, mengurangi iritasi pada saluran napas serta meringankan rasa sakit pada tenggorokan. Berikut ini 5 manfaat humidifier (pelembab udara) bagi kesehatan tubuh dan lingkungan, yaitu:

  1. Mengatasi kulit kering dan bibir pecah-pecah

Kulit kering dan bibir pecah-pecah mungkin sering membuat Anda merasa tidak nyaman. Anda bisa memanfaatkan humidifier untuk merawat kelembapan kulit dan bibir Anda. Humidifier dapat membantu menambah tingkat kelembapan udara yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kelembapan kulit Anda. Itulah sebabnya humidifier baik untuk merawat permukaan yang kering, baik kulit maupun bibir. Anda bisa meletakkan alat ini di area-area yang sering digunakan keluarga untuk berkumpul, misalnya di ruang keluarga, kamar tidur ataupun di kantor.

  1. Meredakan kulit gatal

Kulit kering sering berujung pada rasa gatal. Jika gatal ini mengganggu dan membuat Anda menggaruknya terus-menerus, maka bisa berdampak pada kulit yang rusak, lecet bahkan terlihat seperti luka. Humidifier akan bekerja meningkatkan kelembapan kulit sekaligus meredakan gatal secara perlahan. Humidifier juga bisa membantu meredakan kulit kering akibat beberapa kondisi kesehatan seperti psoriasis, pengobatan jerawat dan produk kosmetik tertentu.

  1. Mengobati gejala pilek, flu, dan alergi

Manfaat humidifier lainnya juga bisa mengurangi gatal pada hidung, saluran hidung, mulut, tenggorokan, bahkan mata. Karena itu, humidifier banyak digunakan pada penderita pilek, flu atau alergi. Humidifier juga berfungsi sebagai pencegahan dengan cara membatasi perkembangan virus dan bakteri yang tumbuh di udara yang kering.

  1. Meringankan asma

Penderita asma, baik anak-anak maupun orang dewasa bisa menggunakan humidifier untuk mencegah resiko serangan asma kambuh, terutama bila asma disertai dengan infeksi pernapasan. Namun, penderita asma juga perlu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bila berencana menggunakan humidifier di rumah. Karena apabila humidifier menghasilkan kelembapan udara yang terlalu tinggi, maka bisa memicu berkembangnya allergen sehingga bisa memperburuk gejala asma.

  1. Manfaat humidifier untuk lingkungan

Selain bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, penggunaan humidifier juga bisa membantu menjaga lingkungan sekitar Anda. Misalnya membuat tanaman hias di dalam rumah lebih sehat karena tanaman hias juga memerlukan tingkat kelembapan udara yang baik. Selain itu, alat pelembap udara ini juga bisa mencegah dinding rumah Anda berjamur sekaligus membuat wallpaper atau cat dinding rumah menjadi lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk selalu mengecek penyaring dari humidifier Anda dan membersihkannya. Mengapa? Karena bila Anda tidak menjaga kebersihan dari penyaring humidifier Anda, maka sama saja dengan memaparkan kotoran dan kuman penyakit yang sudah tersaring dalam humidifier Anda kembali ke udara dalam ruangan Anda. (REG/STE)

Sumber:

  1. Mayo Clinic Staff. Humidifier: air moisture eases skin, breathing symptoms. Mayo Clinic. 2016.
  2. Sullivan D. Humidifiers and Health. Healthline. 2017

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store