Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

156

Jahe merah menjadi tanaman herbal yang paling banyak digunakan sebagai bumbu masak, obat-obatan, dan afrodisiak alami. Bagian yang banyak dimanfaatkan dari tanaman jahe ini adalah rimpangnya karena pada bagian ini banyak menyimpan kandungan senyawa alami yang memiliki khasiat dan manfaat luar biasa. Berikut manfaat yang terkandung dalam jahe merah.

  1. Menjaga kondisi jantung dan pembuluh darah

Dalam tubuh manusia secara normal mengandung trigliserida dan kolesterol. Namun akan menjadi berbahaya apabila trigliserida dan kolesterol ini berada dalam jumlah yang tinggi, karena dapat menumpuk dalam pembuluh darah, menjadi plak di dinding pembuluh darah. Lama – kelamaan penumpukan plak ini dapat menyebabkan sumbatan. Bila terjadi di otak maka akan terjadi stroke, namun apabila terjadi di pembuluh darah koroner, akan terjadi penyakit jantung koroner atau sering dikenal sebagai serangan dari jantung. Kandungan yang ada pada jahe merah mampu membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah dan mencegah berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah.

  1. Mencegah masalah pencernaan

Ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri, sehingga mencegah tubuh dari masalah pencernaan, seperti sakit perut. Agen antibakteri yang ada dalam jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan  Staphylococcus aureus.  Tidak hanya itu, kehangatan yang diberikan oleh jahe juga dapat menenangkan pencernaan. Kehangatan yang diberikan oleh jahe juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi flu dan pilek.

  1. Meningkatkan kesuburan pada pria

Jahe mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik. Sehingga, dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa jahe dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

  1. Melancarkan peredaran darah

Kandungan di dalam jahe merangsang pelepasan yang bisa memperlebar pembuluh darah di dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk menjadikan tubuh hangat, menjaga kestabilan tekanan darah, dan aliran darah menjadi lebih lancar.

  1. Mengontrol kadar gula

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa manfaat jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Sebabnya jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid. Selain terkenal karena keefektifannya sebagai penstabil gula darah, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

  1. Mengatasi radang otot

Berbagai kandungan dalam jahe dapat bertindak sebagai antiradang sehingga dapat membantu Anda dalam melawan peradangan akut maupun kronis. Komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase. Sehingga dapat menurunkan leukotrien dan prostaglandin sebagai pemicu peradangan. Jahe merah juga mengandung oleoresin yang lebih tinggi dari jahe lainnya, di mana oleoresin juga dapat bekerja sebagai antiradang. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-jahe-merah-kesehatan/

www.manjadda.com/manfaat-jahe-merah


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store