Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan

143

Tahukan Anda jika jalan adalah olahraga yang sangat baik untuk kesehatan Anda? Ketika Anda berjalan dengan cepat, Anda melatih tubuh Anda dengan cara yang paling baik, terutama jika Anda melakukannya pada pagi hari. Saat ini orang sulit menemukan waktu untuk berjalan pagi dan mengantinya dengan jalan sore.

Dengan banyaknya problem kesehatan yang terjadi pada orang-orang saat ini, menjadi motivasi untuk Anda mulai berjalan pagi. Udara segar pagi hari sangat baik untuk paru-paru Anda. Di sisi lain, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan efektif, berjalan cepat adalah salah satu caranya.

Jadi tunggu apalagi? Berikut merupakan keuntungan kesehatan terhadap kesehatan:

– Menurunkan berat badan
Jika Anda ingin mengurangi beberapa kilo berat badan Anda, maka lakukanlah jalan pagi. Jalan pagi merupakan cara yang baik untuk membakar kalori dan memperbaiki metabolisme tubuh Anda.

– Untuk diabetes
menjaga kadar gula darahnya tetap normal

– Untuk tekanan darah
menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan normal dan mencegah terjadinya hipertensi.

– Meningkatkan kekuatan otot
Berjalan kaki juga dapat memperbaiki kekuatan ototnya. Ketika Anda berjalan, otot paha, bokong dan kaki berkontraksi dan mengencang, sehingga dengan rutin berjalan pagi dapat memperkuat otot Anda.

– Kebutuhan otot
Otak Anda memerlukan oksigen agar dapat bekerja dengan baik. Salah satu keuntungan berjalan pagi adalah memperbaiki sirkulasi darah sehingga aliran darah ke otak berjalan dengan baik, karena saat pagi hari udara masih segar dan kaya akan oksigen.

– Mengurangi stress
Jika saat ini Anda sedang stress, berjalan pagi akan menenangkan Anda. Jalan pagi dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda secara simultan. Ketika Anda berjalan pagi juga dapat mengurangi tingkat kecemasan Anda.

– Kolesterol
Mengalami kolesterol tinggi? Bangun pagi dan berjalan-jalanlah. Keuntungan bangun pagi hari bagi kesehatan mencakup peningkatan kadar kolesterol HDL dalam peredaran darah.

– Sistem imunitas
Anda sangat memerlukan imunitas tubuh bekerja dengan baik untuk melawan segala macam penyakit yang menyerang. Jalan pagi akan sangat baik bagi Anda karena dapat memperkuat sistem imunitas tubuh.

– Saat Hamil
Pernahkan Anda bertanya-tanya mengapa para dokter menyarankan wanita hamil untuk rajin berjalan pagi? Berjalan pagi sangat baik untuk wanita hamil dalam mencegah keguguran

– Untuk kesehatan jantung
Jalan pagi sangat baik untuk kesehatan jantung. Saat Anda berjalan 3-4 mile/jam, akan menurunkan resiko penyakit jantung. Jantung Anda perlu aktivitas yang rutin untuk dapat memompa darah lebih baik, sehingga dengan berjalan kaki akan sangat baik untuk jantung Anda.

– Tidur nyenyak
15-20 menit jalan pagi akan membuat Anda tidur nyenyak pada malam hari. Berjalan pagi dapat membuat tubuh dan pikiran Anda lebih tenang sehingga Anda juga dapat tidur dengan lebih nyenyak.

Sumber: healthmeup