Manfaat Jamu Untuk Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

531
Food frame, italian food background, healthy food concept or ingredients for cooking pesto sauce on a vintage background, top view with copy space

Sejak lama, jamu dipercaya sebagai obat tradisional berkat khasiatnya yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Meski rasanya yang identik dengan pahit, orang-orang masih mencarinya jika sedang membutuhkan.  Rasa pahit atau tidak enak bagi para pemula penikmatnya bisa jadi karena bahannya yang diambil dari tumbuh-tumbuhan, akar, bunga, hingga kulit kayu. Racikan alami tanpa pemanis atau penambah rasa ini yang membuatnya baik untuk kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, ada sejumlah khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi jamu. Dari jamu temulawak yang baik untuk atasi masuk angin, atau jamu beras kencur yang ampuh untuk pegal linu.

  1. Jamu temulawak
    Seperti namanya, jamu ini terbuat dari temulawak. Namun terdapat bahan lain untuk membuatnya seperti kencur, asam jawa, gula aren, daun pandan serta jintan. Jamu tersebut memiliki manfaat seperti membantu melindungi hati, membantu produksi cairan empedu, menghilangkan gejala masuk angin, menyembuhkan sakit kepala, hingga mengobati jerawat.
  2. Beras kencur

Jamu beras kencur tentu saja terbuat dari beras dan kencur serta dicampur dengan sejumlah bahan lainnya seperti biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulaga, asam, kunyit, gula merah, gula putih, jeruk nipis, garam serta kayu keningar.
Jamu beras kencur dinilai bermanfaat untuk menghilangkan pegal-pegal dan linu. Beras kencur juga dipercaya dapat meringankan batuk, menambah nafsu makan, membuat tubuh bugar, dan menyembuhkan perut kembung.

  1. Kunyit asam

Perempuan biasanya lebih senang meminum jamu kunyit asam karena fungsinya yang dinilai dapat melangsingkan tubuh. Jamu tersebut juga berfungsi untuk membantu mengatasi masalah menstruasi, memperlancar peredaran darah, menjaga metabolisme tubuh, dan membantu mengobati sariawan atau panas dalam. Kunyit asam terbuat dari kunyit dan asam jawa serta bahan lainnya seperti sinom, temulawak, biji kedawung, jeruk nipis, gula jawa, gula putih dan garam. Kandungan yang dimiliki kunyit asam pun beragam seperti kurkumin, vitamin C, protein, karbohidrat serta zat besi.

  1. Jamu pahitan

Jamu ini terbuat dari sambiloto serta bahan lainnya seperti daun meniran, lempuyang, lengkuas, serai, widoro laut, dan rempah-rempah lainnya. Cara membuatnya hanya merebus semua bahan hingga air rebusan menjadi kental. Manfaat yang dimilikinya seperti penambah nafsu makan, mengobati perut kembung, menurunkan risiko kencing manis, menghilangkan bau tak sedap, menurunkan kadar kolesterol hingga obat penghilang jerawat.

  1. Jamu Kunci sirih

Meski memiliki berbagai macam khasiat, perlu diperhatikan proses pembuatan jamu yang akan Anda konsumsi. Pastikan juga jamu yang Anda konsumsi benar-benar terbuat dari bahan alami, karena saat ini banyak jamu yang terbuat dari bahan-bahan alami yang dicampur dengan obat secara bebas. Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan berbagaimacam penyakit, seperti kerusakan hati, kerusakan ginjal, hingga melemahnya sistem pertahanan tubuh akibat penggunaan obat bebas tanpa anjuran dokter yang menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah sakit namun lebih sulit untuk disembuhkan. Demikian ulasan tentang jamu, semoga bermanfaat. (TL/STE)Jamu ini terbuat dari kunci dan sirih. Biasanya, untuk menghindari rasa asam atau kecut, biasanya jamu tersebut dicampur dengan daun luntas, kunyit, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam jawa, serai, hingga buah delima.
Biasanya, jamu ini lebih sering diproduksi oleh perempuan karena manfaatnya untuk alat kelamin mereka. Sejumlah manfaat yang didapar dari jamu tersebut seperti mengatasi keputihan, menghilangkan bau badan, memperkuat gigi, merapatkan vagina dan mengecilkan rahim di perut.

Sumber :


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store