Manfaat Jika Minum Hangat Sepanjang Hari!

161

Sobat kalau dingin-dingin pastinya minum yang hangat-hangat cenderung ke panas. Orang yang memiliki sifat yang hangat juga lebih disukai daripada yang dingin. Artikel kita kali ini adalah bicara mengenai minum air putih hangat atau panas bukan bicarakan yang lainnya.

Seperti kita ketahui bahwa air membantu sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Ini disebabkan karena dengan cukup minum air putih akan menjaga kesehatan kulit, otot dan sendi kita. Berikut adalah manfaat minum air hangat menurut para peneliti.

1.            Membantu pencernaan yang lebih sehat

Kurang minum air menyebabkan seorang mengalami dehidrasi yang mengakibatkan konstipasi atau susah buang air besar. Ini disebabkan ketika tidak cukup minum air, maka usus kecil akan menyerap sebagian air yang terkandung dalam makanan. Dalam jangka waktu yang lebih lama, konstipasi kronis bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti wasir dan perut kembung.

Sebaliknya ketika kita minum cukup air hangat akan membantu usus memecah makanan lebih cepat daripada mengkonsumsi minuman dingin. Dengan demikian mengurangi kinerja usus dan mengurangi resiko sembelit.

2.            Detoksifikasi tubuh

Detoksifikasi adalah mengeluarkan racun dari tubuh. Seperti kita ketahui salah satu detoksifikasi alami kita adalah melalui keringat. Keringat mengusir racun dan membantu membersihkan pori-pori. Nah, apa hubungannya denga air hangat atau panas? Sobat pasti menyadari dan mengalami bahwa ketika kita minum air hangat atau panas maka suhu tubuh kita akan naik dan menyebabkan kita berkeringat. Sehingga ketika kita berkeringat makan proses detoksifikasi terjadi pada tubuh kita.

3.            Memperbaiki sirkulasi aliran darah

Air panas merupakan vasodilator. Vasodilator adalah obat yang digunakan untuk memperlebar pembuluh darah. Obat ini mempengaruhi otot dinding arteri dan vena agar tidak mengalami penegangan dan penyempitan. Oleh sebab itu, obat ini sering digunakan untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan gagal jantung. Dengan demikian kalau sobat minum air hangat dan panas maka aliran darah ke otot dan organ menjadi lebih baik sehingga otot kita menjadi lebih rileks dan menggurangi rasa sakit.

4.            Membantu menurukan berat badan

Kita mungkin mengetahui dan mengalami bahwa melalui minum air putih membuat kita merasa kenyang sehingga makannya jadi tidak banyak. Selain itu, minum air putih membantu kita menyerap nutrisi dan membuang sisa-sisa makanan.

Sobat juga perlu mengetahui bahwa pada tahun 2003 suatu studi dilakukan terhadap manfaat minum air hangat. Peneliti menemukan bahwa mereka yang beralih dari minum air dingin ke air hangat mengalami penurunan berat badan. Ini disebabkan minum air panas dengan suhu hingga 98,6 derajat meningkatkan metabolisme hingga 40 persen dan bisa berlangsung selama 30-40 menit. Peneliti juga menemukan bahwa paling baik meminumnya sebelum makan.

5.            Mengurangi rasa sakit

Seperti disebutkan di atas bahwa air panas meningkatkan sirkulasi aliran darah terutama untuk otot-otot yang cedera. Sobat mungkin pernah memperhatikan ada orang yang untuk mengurangi rasa sakit dengan cara air panas dimasukan ke dalam botol kemudian diaplikasikan ke tempat rasa sakit. Namun sobat juga perlu mengetahui bahwa panas juga bisa memperburuk pembengkakan.

6.            Melawan pilek dan juga meningkatkan kesehatan sinus

Sobat mungkin pernah dengar ada orang yang ketika pilek, mereka menuangkan air panas yang beruap dan menutup diri mereka dalam sarung atau bisa disebut spa tradisional. Sobat, ini disebabkan karena memang uang membantu melepaskan atau melegakan sumbatan pada sinus kita. Panas yang diterapkan pada sinus akan mengurangi tekanan yang disebabkan oleh pilek maupun alergi. Minum air panas juga membantu lendir bergerak lebih cepat.

7.            Mengurangi stress

Penelitan menemukan bahwa minum teh atau kopi panas dapat menurunkan stress dan perasaan cemas. Studi berpendapat bahwa efek ini disebabkan oleh kafein namun kehangatan atau suhunya juga memegang peranan penting untuk meningkatkan mood peserta penelitian.