Manfaat Kacang Bagi Kesehatan

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri

365

Kandungan Nutrisi di Dalam Kacang
Kacang mengandung banyak nutrisi dan energi di dalamnya. Setiap 100 gram kacang mengandung 600 kalori. Selain itu, kacang juga mengandung banyak asam amino tidak jenuh, baik tunggal maupun ganda; protein; dan berbagai mineral seperti seng, kalsium, magnesium, zat besi, dan fosfor.

1.  Melindungi Jantung
Kacang mengandung banyak asam lemak tidak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, dan memperbaiki kadar kolesterol di dalam darah.

Kacang juga mengandung banyak antioksidan, yaitu asam oleat yang berguna untuk membantu melancarkan peredaran darah dan menghambat pembentukan plak (gumpalan lemak) pada dinding pembuluh darah, serta mencegah pembentukan bekuan darah dan pengerasan dinding pembuluh darah.
Beta sitoserol di dalam kacang juga dapat menurunkan penyerapan kolesterol di dalam darah. Kacang juga mengandung banyak vitamin E, asam amino, dan resveratrol yang berguna untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan serangan jantung. Resveratrol di dalam kacang dapat menghambat kerja angiotensin yang berfungsi untuk memperkecil pembuluh darah sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah.

2.  Mencegah Kanker
Kacang dapat membantu menghambat metabolisme sel-sel kanker karena mengandung banyak antioksidan seperti asam oleat yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kacang juga mengandung banyak polifenolik (antioksidan) yang dapat mencegah terjadinya kanker lambung dengan cara menghambat perkembangan nitrosamin di dalam lambung.

Kacang juga mengandung asam folat, fitosterol, asam fitat, dan resveratrol yang merupakan agen anti kanker. Asam lemak tidak jenuh tunggal di dalamnya juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara. Asam oleat di dalam kacang dapat menghambat HER-2/NEU yang merupakan penyebab timbulnya kanker.

3.  Meningkatkan Daya Ingat
Bioflavonoid di dalam kacang juga dapat membantu memperlancar aliran darah di dalam otak. Vitamin B3 di dalam kacang juga dapat membantu memicu aktivitas otak dan fungsi daya ingat. Vitamin B2 di dalam kacang berfungsi untuk menjaga fungsi kognitif dan menurunkan resiko terjadinya penyakit Alzheimer.
Sistem saraf pun akan tetap aktif karena adanya resveratrol yang berfungsi untuk menurunkan resiko terjadinya berbagai gangguan degenerasi saraf. Vitamin B2, B1, B5, B6, dan asam folat di dalam kacang dapat meningkatkan aliran darah ke dalam otak dan penting untuk meningkatkan kesehatan otak.

4.  Menurunkan Berat Badan
Walaupun kacang mengandung banyak kalori dan lemak, akan tetapi kacang tetap mampu menurunkan berat badan karena mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal yang sehat, yang tidak menyebabkan peningkatan berat badan, tetapi justru mengurangi lemak di bagian perut. Kacang juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan laju metabolisme tubuh.

5.  Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari kacang bagi kesehatan anda adalah:
•  Melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan proses oksidasi serta mencegah terjadinya kanker kulit (kaya antioksidan)
•  Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan (banyak mengandung asam amino)
•  Membantu memecahkan glukosa (gula), meningkatkan metabolisme karbohidrat di dalam tubuh, dan mengatur kadar gula darah (mangan)
•  Membuat anda menjadi lebih rileks, memperbaiki mood, dan mencegah terjadinya stress dan ketegangan (triptofan)
•  Meningkatkan kesuburan bagi wanita (asam folat)
•  Mengurani nyeri dan kekakuan sendi akibat rematik sendi


Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok