Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan

303

Kandungan Nutrisi di Dalam Kacang Polong
Setiap 100 gram kacang polong mengandung 80 kalori. Kacang polong mengandung karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, seng, kalsium, magnesium, kalium, dan zat besi.

1.  Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
Kacang polong mengandung banyak fitonutrien, yaitu saponin, asam fenolat, dan flavanol yang baik bagi kesehatan jantung. Flavanol merupakan zat anti inflamasi (anti radang) dan dapat membantu mencegah terbentuknya bekuan darah. Bekuan darah merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke. Flavanol juga dapat membantu mencegah pembentukan plak lemak (kumpulan lemak) di dalam pembuluh darah arteri.

Kacang polong juga dapat membantu menurunkan kadar homosistein karena mengandung asam folat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6. Vitamin B3 yang terdapat di dalam kacang polong juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Omega 3 dan asam alfa linoleat di dalam kacang polong juga baik bagi kesehatan jantung anda.

2.  Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes
Kacang polong memiliki indeks glikemik (kemampuan suatu makanan untuk mempengaruhi kadar gula darah setelah mengkonsumsinya) yang rendah sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Vitamin E dan pisumsaponin 1 dan 2 serta pisomoside A merupakan agen anti inflamasi yang banyak ditemukan pada kacang polong. Konsumsi kacang polong dapat mengurangi efek oksidasi radikal bebas dan menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe 2. Selain itu, magnesium dan seng di dalam kacang polong juga dapat menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe 2.

3.  Mencegah Kanker
Banyaknya antioksidan di dalam kacang polong membuatnya dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Kacang polong mengandung polifenol cousmestrol yang dapat menurunkan resiko terjadinya kanker lambung.

Berbagai antioksidan lainnya seperti karoten, lutein, zeaxanthin, dan berbagai zat lain seperti lektin, beta sitosterol, asam benzoat, asam sinamat, dan flavonol glikosida di dalam kacang polong dapat mencegah terjadinya kanker prostat dan kanker payudara.

4.  Mencegah Penuaan Dini
Vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya infeksi kuman dan membantu membuang berbagai radikal bebas di dalam tubuh. Berbagai antioksidan lain seperti flavonoid, karotenoid, asam fenoleat, dan polifenol dapat menghambat proses penuaan dan pembentukan kerutan pada kulit.

5.  Membantu Kerja Saluran Pencernaan
Kacang polong juga mengandung banyak serat yang dapat membantu mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, konsumsi kacang polong juga dapat membantu mengatasi berbagai gejala gangguan pencernaan.

6.  Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari kacang polong bagi kesehatan anda adalah:
•  Membantu penyerapan kalsium (vitamin K)
•  Menurunkan resiko terjadinya osteoporosis (asam folat dan vitamin B1)
•  Menurunkan resiko terjadinya depresi (asam folat). Kekurangan asam folat dapat menyebabkan timbulnya berbagai gejala melankolis dari depresi
•  Mencegah anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah (zat besi)
•  Membantu menurunkan berat badan (tinggi serat dan rendah kalori)
•  Membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh (flavonoid, karotenoid, polifenol, vitamin A, vitamin C, dan omega 3)

Sumber: foodtofitness