Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

332

•    Membantu Proses Pencernaan
Mengkonsumsi air jeruk lemon bersama dengan air hangat dapat membantu proses pencernaan, terutama bila dikonsumsi di pagi hari. Lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu kerja sistem pencernaan. Selain itu, lemon juga mengandung berbagai jenis enzim pencernaa yang dapat membantu proses pencernaan makanan dan mencegah terjadinya berbagai gejala gangguan pencernaan seperti dada terasa seperti terbakar, gangguan lambung, dan pembesaran perut.
Lemon dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dengan membuang berbagai racun di dalam tubuh melalui ginjal dan sistem pencernaan. Lemon juga membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan membersihkan darah sehingga membuat anda menjadi lebih sehat.

•    Membantu Mencegah Flu dan Demam
Lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu mencegah dan mengatasi flu atau batuk. Lemon membantu proses pembentukan antibodi dan sel darah putih sehingga dapat membantu melawan berbagai kuman di dalam tubuh. Lemon telah dikenal memiliki zat antibakteri. Saat penderita demam mengkonsumsi lemon, maka hal ini dapat membantu meningkatkan proses diaforesis (pengeluaran keringat) sehingga dapat membantu menurunkan demam.

•    Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi
Lemon sangat baik bagi kesehatan gigi anda. Mengkonsumsi lemon dapat mencegah terjadinya bau mulut dan membuat nafas anda terasa segar. Mengoleskan air jeruk lemon secara langsung pada gusi dapat menghentikan perdarahan gusi. Sedangkan mengoleskan air jeruk lemon pada gigi yang nyeri juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

•    Membantu Menurunkan Berat Badan
Lemon telah banyak digunakan untuk membantu menjaga berat badan. Lemon dapat membantu mengurangi lemak di dalam tubuh karena mengandung pektin. Banyak orang mengkonsumsi air jeruk lemon beserta madu dan air putih di pagi hari untuk membantu menurunkan berat badan.

•    Menutrisi Kulit
Lemon merupakan pembersih wajah alami, yang dapat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit anda. Air jeruk lemon dapat dioleskan secara langsung pada jerawat atau bekas jerawat untuk mencegah terbentuknya noda bekas jerawat pada kulit. Selain itu, vitamin C di dalam lemon juga merupakan suatu antioksidan.

•    Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol
Lemon mengandung kalium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta membuat tubuh dan pikiran anda merasa lebih rileks. Lemon juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan produksi apo B, yaitu suatu zat yang dapat memicu pembentukan kolesterol LDL.

•    Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari lemon bagi kesehatan anda adalah:
•    Membuat rambut tampak lebih berkilau
•    Mencegah mual, dehidrasi, diare, dan pusing
•    Mencegah terjadinya hipertensi (tekanan darah tinggi), insomnia, dan pembesaran pembuluh darah vena (varises)
•    Membantu mencegah terbentuknya callus (mata ikan)

Sumber: foodtofitness