Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

203

Belakangan ini Anda mungkin sering melihat banyak produk-produk kecaktikan yang isinya lidah buaya, mulai dari produk kecantikan untuk wajah, lotion untuk badan, sampai produk untuk rambut. Apa sebenarnya manfaat lidah buaya sehingga banyak digunakan dalam produk kecantikan? Yuk, kita simak artikel di bawah ini.

Lidah buaya adalah tanaman serba guna yang sudah dikenal khasiatnya sejak berabad-abad lalu. Lidah buaya atau sering disebut dengan aloe vera, menghasilkan dua bahan, yaitu gel dan getah, yang biasanya digunakan dalam obat­-obatan. Lidah buaya (Aloe vera) merupakan tanaman asli Afrika, yang termasuk golongan Liliaceae. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini memperluas pemanfaatan khasiat lisah buaya. Keistimewaan lidah buaya ini terletak pada gel-nya yang dapat membuat kulit tidak cepat kering dan selalu kelihatan lembab. Keadaan tersebut disebabkan sifat gel lidah buaya yang mempu meresap ke dalam kulit, sehingga dapat menahan kehilangan cairan yang terlampau banyak dari dalam kulit. Kandungan saponin yang terdapat dalam gel lidah buaya dapat mebersihkan kotoran dari kulit, melembutkan, melembabkan dan menambah kehalusan kulit.

Lidah buaya juga mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C. dan sangat antiinflamasi sehingga dapat juga membantu mengobati luka bakar, jerawat, dan kulit kering. Enzim lidah buaya juga dapat membantu mengelupas kulit untuk membuatnya lebih halus. Namun, ketika digunakan secara berlebihan, lidah buaya juga bisa mengeringkan kulit. Enzim di dalam lidah buaya bertindak sebagai exfoliator dan apabila kulit yang terkelupas banyak maka kulit dapat menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering, tergantung pada jenis kulit Anda. Lidah buaya juga dapat mebantu mencegah kerutan dan garis pada wajah. Akan tetapi lidah buaya tidak dapat menghilangkan kerutan yang telah ada sebelumnya.

Saat ini telah banyak produk kecantikan yang mengandung lidah buaya di dalamnya, namun apabila Anda lebih menyukai produk kecantikan yang alami, Anda juga dapat mengolah lidah buaya sendiri. Berikut tips untuk pengolahannya:

  • Cuci dan bersihkan lidah buaya yang Anda gunakan. Apabila Anda bermaksud untuk mengonsumsi ataupun menggunakan lidah buaya pada kulit Anda, penting untuk Anda mencuci terlebih dahulu lidah buaya sebelum Anda mengolahnya. Hal ini untuk mencegah kemungkinan iritasi dan infeksi akibat kotoran dan kuman yang menempel pada permukaan lidah buaya.
  • Kupas lidah buaya. Lidah buaya terdiri dari kulit yang keras, serta daging dari lidah buaya yang lebih lunak. Kupas kulit yang keras ini dan keruk daging yang lebih lunak. Kumpulkan daging yang lunak ini menjadi satu dan Anda dapat langsung menggunakannya, baik sebagai masker wajah, masker rambut, ataupun untuk lotion. Anda juga bisa menambahkan dengan bahan alami lain seperti madu atau lemon, sesuai manfaat yang Anda inginkan pada kulit Anda.

Perawatan untuk menjadi cantik, tidak selamanya mahal! (EDA/STE/CM)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store