Manfaat Manggis Bagi Kesehatan

309

Manggis merupakan buah berwarna ungu terang yang memiliki rasa asam manis. Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bahkan kulitnya pun sering dikonsumsi karena kaya akan antioksidan.

Kandungan Nutrisi Dalam Manggis
Setiap 100 gram manggis mengandung 75 kalori. Manggis memiliki nutrisi yang tinggi dan merupakan salah satu sumber karbohidrat dan serat. Manggis juga mengandung lemak dan protein.
Kulit manggis kaya akan antioksidan dan xantonoid serta berbagai mineral lainnya seperti besi, kalsium, kalium, magnesium, dan seng.

Sumber Antioksidan
Manggis mengandung xantonoid, yaitu alfa mangostin dan gamma mangostin yang merupakan zat anti inflamasi (peradangan). Antioksidan ini juga dapat membantu melindungi tubuh terhadap berbagai radikal bebas sehingga dapat melindungi anda dari kanker. Garcinone E yang juga terdapat di dalam manggis juga dapat menurunkan resiko terjadinya tumor.

Sumber Vitamin C
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam manggis juga dapat membantu metabolisme saluran cerna anda. Vitamin C dapat membantu mengaktivasi berbagai enzim pencernaan sehingga proses pencernaan pun dapat dimulai. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu proses pemecahan makanan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda sehingga mampu melawan berbagai infeksi.

Manfaat Manggis Bagi Kesehatan

Mencegah Kanker
Manggis dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam manggis dapat melindungi anda dari berbagai radikal bebas.
Berbagai antioksidan yang terdapat di dalam manggis adalah xanthone, katekin, polisakarida, kuinon, dan polifenol. Berbagai antioksidan kuat ini dapat melindungi DNA anda dari kerusakan dan mutasi. Mengkonsumsi manggis juga dapat mencegah terjadinya kanker usus besar.

Menurunkan Kolesterol
Mengkonsumsi manggis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL anda. Gamma mangostin yang terdapat di dalam manggis dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol “jahat”. Polifenol yang juga terdapat di dalam manggis dapat menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan di dalam tubuh anda.

Mencegah Terjadinya Kelainan Bawaan dan Preeklampsia
Manggis memiliki berbagai manfaat bagi wanita hamil, yaitu:
•  Mencegah terjadinya berbagai kelainan bawaan (karena mengandung folat dan berbagai mineral penting lainnya)
•  Mencegah kerusakan sel di dalam tubuh ibu dan bayi (antioksidan)
•  Mencegah terjadinya konstipasi dan preeklampsia (kaya serat)
•  Membantu pembentukan callogen (vitamin C) yang dapat melawan berbagai infeksi

Membantu Mengendalikan Diabetes
Mengkonsumsi manggis dapat membantu mengendalikan diabetes anda. Antioksidan di dalam manggis dapat mengendalikan metabolisme glukosa di dalam darah, mengurangi resistensi insulin, dan membuat pankreas dapat memproduksi insulin secara efektif.

Mengurangi Infalamasi
Kandungan zat anti inflamasi di dalam manggis sangat berguna untuk mengurangi gejala radang sendi dengan cara menurunkan kadar C-reaktif protein (CRP), yang merupakan salah satu penyebab terjadinya inflamasi.

Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari manggis bagi kesehatan anda adalah:
•  Xanthone (suatu antioksidan) yang terdapat di dalam manggis dapat mengurangi rasa nyeri dan efektif untuk mengatasi nyeri kepala dan migraine
•  Dapat mengatasi GERD (refluks gastrointestinal) dan ulkus (luka terbuka)
•  Mencegah terjadinya diare dan irritable bowel syndrome

Sumber: foodtofitness