Manfaat Mengkonsumsi Protein di Pagi Hari

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

209

Mengkonsumsi protein di pagi hari dapat membantu mengoptimalkan kemampuan otak Anda untuk mengirim pesan pada seluruh tubuh Anda yang membantu Anda merasa lebih segar. Jika Anda mengkombinasikan protein dan karbohidrat, maka Anda akan merasa kenyang lebih lama dan membuat Anda bertenaga hingga waktu makan siang.

Jangan mengkonsumsi protein secara berlebihan karena kelebihan protein akan disimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak. Konsumsilah protein sebanyak 10-35% dari total kalori harian. Protein mengandung berbagai asam amino yang dibutuhkan otak Anda untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Mengkonsumsi protein di pagi hari dapat membantu meningkatkan kadar tirosin di dalam otak yang membantu proses produksi neurotransmiter yaitu norepinefrin dan dopamin yang dapat membuat Anda lebih bertenaga dan waspada.

Para peneliti di Amerika menggunakan pemeriksaan MRI untuk membandingkan aktivitas otak para remaja yang mengkonsumsi sarapan tinggi protein dan para remaja yang tidak mengkonsumsi sarapan atau hanya mengkonsumsi protein dalam jumlah sedang saat sarapan.

Sesaat sebelum makan siang, para remaja yang tidak sarapan merasa sangat lapar. Melalui pemeriksaan MRI, para peneliti menemukan bahwa para remaja yang mengkonsumsi sarapan tinggi protein memiliki aktivitas otak (bagian otak yang mengendalikan keinginan makan atau rasa lapar) yang lebih sedikit dibandingkan dengan para remaja yang mengkonsumsi protein dalam jumlah sedang saat sarapan.

Dua jenis asam amino yaitu glutamat dan aspartat berfungsi sebagai neurotransmiter otak, yang berasal dari protein. Selain itu, Anda juga memerlukan beberapa jenis asam amino lainnya seperti tirosin, triptofan, dan fenilalanin untuk membentuk neurotransmiter norepinefrin, serotonin, dan dopamin untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh.

Satu hal yang perlu diingat bahwa diet tinggi protein mungkin juga mengandung banyak kolesterol dan lemak yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan terjadinya berbagai gangguan jantung dan pembuluh darah. Satu butir telur mengandung sekitar 190 mg kolesterol. Batasi konsumsi telur Anda hanya sebanyak 4 butir telur setiap minggunya atau jangan mengkonsumsi kuning telur.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store