Manfaat Mengonsumsi Buah Dulu Sebelum Makan Nasi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

200

Masyarakat umum terbiasa untuk mengonsumsi nasi terlebih dahulu sebelum makan buah. Buah dijadikan sebagai makanan penutup saja. Namun sebenarnya yang dianjurkan untuk kesehatan adalah kita harus mengonsumsi buah dulu sebelum makan nasi. Hal ini dikarenakan serat pada buah akan membantu memperlancar kinerja usus sehingga penyerapan nutrisi, baik dari buah maupun nasi, setelah konsumsi buah dapat menjadi lebih baik. Sebaliknya, apabila buah dikonsumsi tepat setelah makan nasi, usus telah bekerja keras, dan menyebabkan penyerapan nutrisi dari buah tidak terserap secara optimal.

Selain manfaat di atas, masih banyak juga manfaat yang didapatkan ketika Anda mengonsumsi buah dulu sebelum makan nasi, diantaranya adalah :

  1. Memperlambat waktu pengosongan lambung, sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini dapat membantu Anda untuk mengontrol nafsu makan atau menjadi camilan alternatif apabila Anda sedang berada dalam program diet menurunkan berat badan
  2. Buah memiliki komponen gula yang lebih sederhana dan mudah dicerna ataupun disimpan dalam tubuh dibandingkan dengan kandungan gula pada nasi atau makanan berat lainnya. Konsumsi buah sebelum konsumsi nasi membantu untuk mengatur gula darah agar lebih stabil.
  3. Membantu menghambat penyerapan kolesterol. Buah yang berserat mampu berikatan dengan lemak sebagai sumber kolesterol untuk kemudian dibuang melalui feses. Sehingga penyerapan lemak menurun dan angka kolesterol dalam darah pun ikut menurun.
  4. Memperlancar proses pencernaan. Buah mengandung banyak air dan serat yang berguna dalam proses pembentukan masa feses. Konsumsi buah yang cukup dapat membuat feses lunak, sehingga saluran cerna Anda menjadi lebih sehat; tidak mudah terluka akibat feses yang keras.
  5. Konsumsi buah yang tinggi kadar airnya juga dapat membantu Anda agar tetap terhidrasi.
  6. Cepat mengisi tenaga karena penyerapan gula akan lebih optimal. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang ingin cepat mengisi tenaga dengan gula. Selain itu makan buah akan lebih menyegarkan karena tidak membutuhkan energi ekstra untuk mencernanya sehingga tidak menyebabkan kantuk.

Tapi, bagi seorang yang memiliki penyakit kencing manis harus lebih berhati-hati dalam memilih buah. Buah yang terlalu manis dan dikonsumsi terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Sementara bagi seorang yang memiliki penyakit lambung, harus memilih buah yang tidak terlalu asam, tidak dapat menimbulkan gas, dan dapat ditoleransi oleh lambung.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika anda mengonsumsi buah dulu sebelum makan nasi. Jika Anda baru pertama kali mau mencobanya, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dengan porsi sedikit demi sedikit, agar tidak dapat menyebabkan kembung. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/bolehkah-makan-buah-sebelum-makan-nasi/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store