MANFAAT MERAWAT KULIT DENGAN LENDIR SIPUT

11

Belakangan ini, lendir siput sempat popular digunakan dalam produk perawatan kulit. Kandungan antioksidan dan asam hialuronat yang terdapat pada lendir siput diklaim dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, seperti menjaga melembapkan kulit dan mencegah munculnya kerutan di wajah.

Beragam manfaat lendir siput untuk kesehatan dan kecantikan kulit, diantaranya:

  • Melembapkan kulit

Lendir siput mengandung asam hialuronat yang mampu melembapkan kulit dengan baik. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asam hialuronat efektif dalam mengikat atau mengunci air di permukaan kulit, sehingga kulit terasa lebih lembap.

  • Menjaga kekenyalan kulit

Lendir siput juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi sehingga mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Jika produksi kolagen kulit baik, maka elastisitas kulit akan terjaga sehingga kulit akan terasa lebih kenyal.

  • Mencegah munculnya jerawat

Dalam bebrapa penelitian menyatakan bahwa lendir siput mengandung sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah munculnya jerawat dan mengatasi peradangan pada kulit. Dengan demikian, produk perawatan yang mengandung lendir siput bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk mengatasi masalah jerawat.

  • Mengurangi munculnya kerutan

Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung lendir siput dapat membantu mengurangi munculnya kerutan di wajah. Hal ini karena kandungan asam hialuronat pada lendir siput mampu menghidrasi kulit dengan baik, sehingga akan membantu mencegah terjadinya kerutan dan memperbaiki tekstur kulit.

Meski demikian, disarankan untuk mengoleskan sedikit lendir siput ke kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke seluruh wajah. Perhatikanlah apakah ada reaksi alergi yang muncul. Jika area kulit yang diolesi lendir siput mengalami ruam dan gatal, sebaiknya hentikan penggunaan lender siput tersebut.

Selain menggunakan lendir siput, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit juga harus dibarengi dengan perawatan yang tepat. Beberapa perawatan yang perlu diperhatikan untuk dilakukan setiap harinya, antara lain:

  • Cuci muka secara rutin, pagi dan malam hari, menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Gunakan pelembap setelah mencuci muka.
  • Gunakan tabir surya, terutama bila sering melakukan aktivitas diluar ruangan.

Jika dengan menggunakan produk lendir siput dan beberapa perawatan diatas tidak memberikan hasil yang maksimal, dan malah menimbulkan masalah kulit yang baru, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Dengan begitu, dokter akan memeriksa dan memberikan perawatan yang tepat sesuai kondisi kesehatan kulit Anda. (RD/PAY)

Referensi:

  • Julson E. 7 suprising benefits oh Hyaluronic Acid. Healthline. 2018
  • Mayo Clinic. Skin care: 5 tips for healthy skin. 2018
  • Hagen- Miller, L. ‘Snail Slime’ skin creams becoming popular in the US. Healthline. 2017