MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI KESEHATAN

50

Air merupakan elemen penting bagi manusia. Manfaat air sangat banyak, misalnya mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesehatan kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh serta mendukung otot dan sendi.  Ketika asupan air anda tidak sama dengan yang keluar, pada umumnya akan terjadi dehidrasi. Kehilangan cairan akan lebih mudah terjadi bila seseorang berada pada iklim yang lebih hangat, setelah beraktivitas/olahrga berat, dan berada di ketinggian. Berikut adalah enam alasan untuk memastikan Anda minum cukup air atau cairan lain setiap hari:

  1. Air membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Tubuh Anda terdiri dari sekitar 60% air. Fungsi cairan tubuh ini termasuk pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembuatan air liur, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh

  • Air dapat mengontrol kalori.

Selama bertahun-tahun, orang-orang yang menjalani diet telah banyak minum air putih sebagai strategi penurunan berat badan. Meskipun air tidak memiliki efek magis pada penurunan berat badan, menggantikannya dengan minuman berkalori lebih tinggi tentu bisa membantu.

  • Air membantu memberi energi otot.

Sel-sel yang tidak mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolitnya menyusut, dapat menyebabkan kelelahan otot. Minum cukup cairan penting saat berolahraga. Pedoman American College of Sports Medicine menyarankan untuk mencukupi asupan cairan sebelum dan selama aktivitas fisik. Pedoman ini merekomendasikan agar orang minum sekitar 17 ons cairan sekitar dua jam sebelum berolahraga. Selama berolahraga, mereka merekomendasikan agar orang mulai minum cairan lebih awal, dan meminumnya secara berkala untuk menggantikan cairan yang hilang karena berkeringat.

  • Air membantu menjaga kulit terlihat baik.

Kulit Anda mengandung banyak air, dan berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah kehilangan cairan yang berlebihan.

  • Air menunjang ginjal anda.

Cairan tubuh mengangkut produk limbah masuk dan keluar sel. Toksin utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, limbah yang larut dalam air yang mampu melewati ginjal untuk diekskresikan dalam urin, Saat Anda mendapat cukup cairan, air seni mengalir dengan bebas, berwarna terang dan bebas bau. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup cairan, konsentrasi urin, warna, dan bau meningkat karena ginjal memerangkap cairan tambahan untuk fungsi tubuh. Jika Anda minum terlalu sedikit secara kronis, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena batu ginjal.

  • Air membantu menjaga fungsi usus normal.

Hidrasi yang adekuat menjaga saluran pencernaan anda dan mencegah sembelit. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup cairan, usus besar menarik air dari tinja untuk menjaga hidrasi – dan hasilnya adalah sembelit.

5 Tips untuk Membantu Anda Minum Lebih Banyak

Jika Anda merasa perlu minum lebih banyak, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan asupan cairan dan menuai manfaat air:

  • Nikmati minuman dengan setiap makanan ringan dan makanan.
  •  Pilih minuman yang Anda nikmati, Anda cenderung minum lebih banyak cairan jika suka dengan rasanya.
  • Makan lebih banyak buah dan sayuran. Kadar airnya yang tinggi akan menambah hidrasi Anda. Sekitar 20% dari asupan cairan kita berasal dari makanan.
  • Simpan sebotol air di mobil Anda, di meja Anda, atau di tas Anda.
  • Pilih minuman yang memenuhi kebutuhan pribadi Anda. Jika Anda memperhatikan kalori, gunakan minuman atau air non-kalori. (RA/PAY)

Referensi:

  1. Centers for Disease Control and Prevention (2016). Global Health – Division of Parasitic Diseases. Water.
  2. NHS Choices UK ( 2015). Dehydration
  3. Laskey, J (2015). EverydayHealth. The Health Benefit of Water.
  4. WebMD (2008). Why Drink More Water. https://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water#1. Diakses tanggal 12 November 2019
SHARE
Previous articleTIPS HIDUP SEHAT ALA ANAK KOS
Next articleETIKA BATUK