Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

10

Minyak kemiri mengandung sebuah zat asam yang bernama asam oleostearat. Zat asam ini merupakan asam lemak jenuh yang sangat populer penggunaannya untuk produk-produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, kandungan dalam minyak kemiri masih banyak lagi macamnya. Beberapa kandungan lain yang juga sangat bermanfaat untuk manusia adalah asam linoleat, vitamin B1, asam minyak, asam stearat, palmitat, protein, miristat, zat lemak dan lain sebagainya. Setiap kandungan tersebut dapat memberikan banyak manfaat, khususnya pada bagian rambut. Berikut manfaat yang didapatkan dari penggunaan minyak kemiri.

 

  1. Mengatasi masalah kerontokan

Pemakaian minyak kemiri diyakini bisa mengurangi kerontokan rambut. Hal ini disebabkan karena Minyak kemiri mengandung protein dan mineral. Kandungan protein dan mineral ini bisa membuat folikel rambut kuat kembali. Penggunaan minyak kemiri di atas kulit kepala akan menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujung rambut.

 

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

Minyak kemiri juga berfungsi sebagai alat perangsang pertumbuhan rambut. Dengan mengoleskan minta kemiri pada rambut secara rutin, maka rambut perlahan-lahan akan tumbuh subur karena kandungan asam linoleat atau sejenis asam lemak omega-3 yang mampu meresap jauh ke dalam kulit dan merangsang pertumbuhan rambut.

 

  1. Menghilangkan ketombe

Minyak kemiri mengandung asam linoleat yang berfungsi sebagai antiradang. jika kamu memiliki kulit kepala yang meradang akibat ketombe kamu bisa menggunakan minyak kemiri ini untuk mengatasinya. Tentu jika ketombe pada kulit kepala sudah teratasi rambut tidak akan berketombe lagi. Selain itu dengan kandungan tersebut, minyak kemiri juga ampuh untuk membut rambut terlihat lebih mengembang dan tidak membuat helai-helai rambut tampak tipis.

 

  1. Menghitamkan rambut

Kandungan asam miristat yang ada dalam minyak kemiri sangat bermanfaat sekali untuk menjadikan rambut menjadi lebih hitam. Gunakanlah minyak kemiri secara rutin untuk mendapatkan rambut hitam dan berkilau. Meskipun tidak sebaik cat rambut, manfaat minyak kemiri untuk membuat rambut hitam tetap bisa mempercantikan penampilan rambut Anda.

 

Itulah beberapa manfaat penggunaan minyak kemiri untuk rambut. Penggunaan minyak kemiri bisa merawat rambut agar tetap sehat dan menjadikannya lebih indah mempesona. Jika Anda ingin menggunakan minyak kemiri yang dijual di pasaran, Anda dapat membaca pada kandungan produk untuk memastikan apakah suatu produk mengandung minyak kemiri. Namun ingat, pastikan keaslian minyak kemiri tersebut pada produk yang dijual di pasaran, minimal dengan adanya tanda lulus BPOM.

 

Bila Anda menyukai olahan minyak kemiri alami, Anda dapat mencoba mengolahnya sendiri. Namun pastikan bahwa Anda mengolahnya dalam keadaan bersih, sehingga minyak yang Anda gunakan pun bersih dan terbebas dari kuman penyakit yang berpotensi menyebabkan infeksi. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

 

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/manfaat-minyak-kemiri-untuk-rambut/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store