Manfaat Olahraga Anggar Bagi Tubuh

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

489

Pernah mendengar Anggar? Olahraga anggar merupakan olahraga permainan duel satu lawan satu dengan menggunakan pedang. Olahraga ini sekarang sudah cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia karena olahraga ini bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. Meski sebagian orang menganggap bahwa olahraga anggar itu sedikit menakutkan, namun nyatanya anggar mempunyai banyak manfaat yang jarang diketahui oleh sebagian orang.

  1. Mengatasi Obesitas

Olahraga ini dapat membantu anda dalam membakar lemak bertumpuk dalam tubuh, hal ini dikarenakan olahraga anggar memerlukan gerakan cepat dan seluruh tubuh aktif sehingga membakar lemak tubuh secara maksimal.

  1. Menghindari nyeri sendi

Olahraga ini banyak melibatkan gerakan persendian, misalnya sendi pergelangan untuk menggerakan pedang dan pergelangan kaki untuk kelincahan kaki. Apabila kita teratur melakukan anggar, maka sendi-sendi kita akan bergerak aktif dan terhindar dari kekakuan akibat kurang bergerak. selain itu olahraga anggar juga dapat membantu tubuh terhindar dari cedera saat melakukan gerakan-gerakan aerobik tertentu.

  1. Melatih Fokus

Fokus adalah salah satu kunci utama olahraga ini. Jika anda tidak fokus, anda akan kalah. Fokus tentu juga akan membuat kualitas berpikir otak Anda meningkat.

  1. Meningkatkan Refleks Tubuh

Manfaat olahraga anggar selanjutnya adalah meningkatkan refleks tubuh. Saat beradu pedang, diperlukan refleks tubuh yang bagus untuk menghadapi serangan-serangan musuh.

  1. Memperkuat Otot

Pada Olahraga ini diperlukan juga otot yang kuat, terutama pada tangan dan kaki. Otot pada tangan diperlukan untuk keaktifan pergerakan pedang, sedangkan kaki digunakan untuk pergerakan atau kelincahan serta penopang berat badan. Dengan demikian otot kita akan terlatih dan menjadi kuat.

  1. Mempertajam Mata

Selama pertandingan kita diwajibkan untuk fokus dan mata kita harus jeli melihat sasaran kita. Manfaat anggar untuk mata sangat besar karena seluruh permainan harus menggunakan mata. Karena mata bekerja keras untuk mengikuti setiap gerak gerik lincah milik lawan, mata menjadi terlatih dan semakin tajam. Tentu hal ini juga berpengaruh besar untuk kesehatan mata Anda.

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

Ternyata olahraga anggar merupakan olahraga yang bisa digunakan untuk mengasah otak kita. karena dalam olahraga ini diperlukan pemikiran kita dalam usaha menyerang atau bertahan , Tak heran olahraga anggar dapat membuat otak lebih cerdas karena otak diperlukan untuk mengatur siasat yang pas agar dapat mencapai kemenangan. (RA/CM)

Sumber :

  1. https://khasiat.co.id/olahraga/anggar.html
  2. https://manfaat.co.id/manfaat-olahraga-anggar
  3. https://rekuperin.com/manfaat-olahraga-anggar/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store