Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Mental

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

259

Olahraga merupakan suatu aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani. Karena dengan berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon-hormon yang sangat diperlukan oleh tubuh kita, seperti hormon endorfin, serotonin, adrenalin, dopamin, dan hormon-hormon lainnya. Dengan terproduksinya hormon-hormon tersebut dengan baik maka akan memberikan manfaat bagi kesehatan kita secara menyeluruh.

Apa sih, manfaat berolahraga bagi kesehatan mental itu? Simar artikel berikut!

  1. Mengurangi stres

Dengan berolahraga, tubuh akan mudah memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin diproduksi di dalam otak dan mempengaruhi pusat pengaturan perasaan di dalam otak. Hormon ini akan membuat otak mengatur agar perasaan menjadi bahagia dan lega. Hormon ini juga yang mampu mengurangi ransangan rasa sakit hingga menghilangkannya. Kedua efek inilah yang mampu mengurangi stres. Jadi, bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat dan berpotensi menimbulkan stres sebaiknya Anda rajin melakukan olahraga, agar hormon endorfin terus terproduksi, dan memperbaiki perasaan Anda terhindar dari stres.

  1. Meningkatkan fungsi dan kinerja otak

Berbagai macam penelitian telah menunjukkan bahwa rutinitas dalam melakukan aktivitas fisik dapat membantu otak untuk dapat berfungsi lebih baik. Mengapa demikian? Karena olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang nantinya membantu organ otak untuk mendapatkan suplai oksigen serta nutrisi. Sirkulasi darah menuju otak yang terjaga baik dapat mempercepat kinerja otak dan memelihara sel-sel saraf di dalam otak. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan produktivitas hippocampus yang berkontribusi dalam meningkatkan memori pada otak.

  1. Meningkatkan rasa bahagia

Penelitian di Universitas Duke membuktikan bahwa 60% penderita depresi yang menjalani olahraga selama 30 menit dan dilakukan tiga kali dalam seminggu selama enam bulan dapat melawan penderitaan tanpa harus menggunakan obat dokter. Karena olahraga terbukti manjur dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak, seperti adrenalin, serotonin, dopamine, dan endorfin. Selain itu, berolahraga juga merupakan kegiatan positif yang dapat mengalihkan perhatian diri dari hal-hal pemicu depresi. Dengan mengalihkan perhatian, pikiran akan lebih tenang. Perlahan, diri kita akan beradaptasi dengan hal-hal pemicu depresi, sehingga dapat sembuh seperti semula.

  1. Mencegah insomnia

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Behavioral Sleep Medicine Program, Feinberg School of Medicine, Northwestern University Chicago menyatakan bahwa Mendapatkan kualitas tidur yang baik hanyalah salah satu dari manfaat positif yang bisa didapat dari olahraga. Salah satu penyebab insomnia atau gangguan tidur adalah karena tubuh merasa tidak lelah atau terbeban dengan berbagaimacam pikiran, sehingga susah untuk memulai tidur, atau sering terbangun saat tidur. Olahraga pada sore atau malam hari, dapat membuat tubuh lelah. Terlebih jika dilanjutkan dengan mandi air hangat yang dapat menambah ketenangan dalam tubuh. Anda juga bisa mengonsumsi susu hangat sebelum tidur dan menyiapkan tempat tidur serapi mungkin, agar tubuh dan jiwa yang lelah dapat beristirahat dengan lebih nyenyak. (RA/STE/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://doktersehat.com/manfaat-olahraga-bagi-kesehatan-mental/
  2. https://manfaat.co.id/manfaat-olahraga-untuk-kesehatan-mental

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store