Manfaat Olahraga Renang

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

203

Renang merupakan olahraga yang disukai dan disenangi oleh sebagian banyak orang. Selain sederhana, olahraga ini dapat membuat seluruh tubuh bergerak tanpa mengeluarkan keringat. Tentunya banyak manfaat kesehatan yang dapat didapatkan jika melakukan olahraga renang secara rutin.

Nah, apa saja maanfaat olahraga renang tersebut? Simak penjelasanan artikel di bawah ini:

Olahraga Renang

Mungkin Anda pernah mendengar atau mengetahui, para ahli merekomendasikan orang dewasa melakukan aktivitas selama 150 menit aktivitas sedang atau 75 menit aktivitas penuh semangat setiap minggunya. Nah, berenang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular. Satu jam Anda melakukan olahraga renang, Anda membakar banyak kalori, tanpa memiliki dampak pada sendi dan otot. Hal ini terjadi karena pada saat Anda melakukan olahraga renang, berat tubuh Anda ditopang oleh gaya yang diberikan air, sehingga tidak ada beban pada sendi dan otot Anda.

Manfaat Renang

Berikut adalah beberapa manfaat positif dari berenang yang bisa kamu rasakan yaitu:

  1. Membakar kalori

Berenang selama 1 jam dapat membakar kalori sebesar 500 – 650 kalori. 

  1. Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler.

Latihan renang yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu, dapat menaikkan konsumsi oksigen hingga 10% dan juga peningkatan kekuatan jantung.

  1. Membangun massa otot

Manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas), hingga 25 persen pada sekelompok pria dalam sebuah studi. Hasil itu diperoleh setelah dilakukan program berenang selama 8 minggu.

  1. Membuat tubuh rileks

Berenang dapat menjadi sarana bagi tubuh dalam mendapatkan relaksasi. Selain itu, olah fisik ini disebut-sebut dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang.

  1. Pilihan bagus untuk penderita asma

Terapi latihan pernapasan yang terkait dengan olahraga renang, seperti menahan nafas, dapat membantu memperluas kapasitas paru-paru dan mengendalikan pernapasan.

  1. Bermanfaat untuk orang dengan multiple sclerosis

Dalam sebuah penelitian, program renang 20 minggu menghasilkan pengurangan rasa sakit yang signifikan bagi orang dengan multiple sclerosis. Orang-orang ini juga menunjukkan perbaikan dengan gejala seperti kelelahan, depresi, dan kecacatan.

  1. Cocok untuk orang dengan cedera, penyakit sendi, dan kondisi lainnya

Berenang dapat membantu mengurangi rasa sakit atau memperbaiki pemulihan dari cedera. Satu penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan radang sendi melaporkan pengurangan yang signifikan pada nyeri dan kekakuan sendi, dan mengalami keterbatasan fisik yang kurang setelah terlibat dalam kegiatan seperti berenang dan bersepeda.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Selain menyehatkan tubuh, nyatanya melakukan olahraga renang dapat meningkatkan fungsi otak. Olahraga renang dapat mengaktifkan seluruh bagian otak, sehingga mampu meningkatkan fokus termasuk kemampuan belajar dan fungsi berpikir.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Dalam sebuah penelitian pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia, dilaporkan peserta mengalami peningkatan kualitas hidup dan tidur lebih baik setelah melakukan latihan berenang secara teratur.

  1. Meningkatkan mood

Olahraga renang telah terbukti meningkatkan mood karena saat olahraga tubuh akan memproduksi hormon endorphine yang mampu memberikan rasa bahagia.

  1. Membantu mengelola stres

Dalam sebuah penelitian setelah berenang, jumlah orang yang mengalami depresi ringan dan merasa stres terkait dengan kehidupan menurun.

  1. Menjaga kehamilan tetap sehat

Olahraga ini sangat baik untuk menjaga kehamilan. Pada saat hamil, biasanya ibu hamil merasa pegal-pegal di beberapa persendian. Nah, dengan berenang, rasa pegal-pegal yang dirasakan dapat hilang. Namun, untuk beberapa wanita mungkin memiliki pembatasan aktivitas karena komplikasi dalam kehamilan. Berkonsutasilah dengan dokter sebelum memulai program selama kehamilan, dan jika Anda memiliki komplikasi, tanyakan tentang kegiatan yang aman. (LM/STE)

Referensi

  1. Cold, F., Health, E., Disease, H., Disease, , Management, P., & Conditions, S. et al. (2018). Swimming: How It Rates as a Workout. Retrieved from https://www. webmd.com/fitness-exercise/a-z/swimming-for-fitness
  2. 12 Benefits of Swimming: Weight Loss, Health, and More. (2018). Retrieved from https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming
  3. Swimming – health benefits. (2018). Retrieved from https://www.betterhealth.vic. gov.au/health/healthyliving/swimming-health-benefits

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store