Manfaat Pilates Bagi Kesehatan Anda

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

476

Pilates kini makin populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Diambil dari nama penciptanya, Joseph Pilates, olah tubuh ini menawarkan beragam manfaat bagi tubuh. Olahraga pilates adalah serangkaian gerakan yang memadukan latihan fisik dan konsentrasi pikiran. Teknik ini bisa melatih keseimbangan antara pikiran dan raga. Gerakan-gerakan dalam senam ini menggabungkan latihan pernapasan, relaksasi, dan peregangan yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Dengan melakukan senam ini secara teratur, tubuh Anda pun aan terasa rileks dan kencan. Gerakan-gerakannya yang mudah dan beragam pun membuat latihan ini terasa menyenangkan dan tidak membosankan.

Bagi Anda yang sedang cari-cari gym karena penasaran untuk menjajal pilates tapi masih ragu tentang manfaatnya, simak artikel ini untuk cari tahu lebih lanjut tentang banyak manfaat pilates untuk tubuh.

  • Melatih pikiran untuk berkoordinasi dan bertindak secara simetris dengan tubuh. Lebih jauh, seseorang akan memiliki lebih banyak kesadaran untuk melakukan gerakan, duduk, atau berdiri dengan postur yang tepat berkat latihan pilates. Hal itu akan membantu untuk menghindari dan mengurangi rasa nyeri akibat posisi tubuh yang tidak baik sebelumnya.
  • Melatih konsentrasi. Pilates berpusat pada harmonisasi pengendalian pikiran, tubuh, dan pengaturan napas yang membuat Anda jadi lebih berfokus pada setiap gerakan yang Anda buat. Ketajaman fokus ini membuat kemungkinan Anda untuk bisa teledor dan mencelakai diri sendiri lebih kecil.
  • Meningkatkan kelenturan atau fleksibilitas tubuh
  • Merehabilitasi cedera otot dan tulang. Pilates dapat mencegah dan memperbaiki kondisi cedera yang berhubungan dengan ketidakseimbangan otot dan tulang.
  • Satu olahraga untuk seluruh otot. Pilates tidak hanya memfokuskan latihan pada bagian perut saja, tapi juga meningkatkan kekuatan otot inti tubuh, termasuk otot perut, punggung bawah, pinggul, dan bokong.
  • Meningkatkan kualitas kehidupan seks. Sedikit banyak, pilates juga melibatkan gerakan yang mirip dengan senam Kegeluntuk menguatkan otot dasar panggul Anda. Otot panggul yang kuat dapat memberikan Anda pengalaman orgasme yang lebih menakjubkan

Pilates mungkin terlihat sebagai latihan yang ringan dan tidak berbahaya. Namun beberapa kondisi kesehatan tidak disarankan untuk melakukan gerakan pilates. Misalnya bagi Anda yang memiliki tekanan darah tidak stabil, menderita osteoporosis yang parah, permasalahan pada tulang belakang, dan berisiko mengalami penggumpalan darah, sebaiknya Anda tidak melakukan olahraga pilates ini. Jika Anda dalam kondisi hamil atau berusia lebih dari 40 tahun dan tidak terbiasa berolahraga, konsultasikan dulu sebelum melakukan gerakan-gerakan pilates.

Kini banyak terdapat video yang mengajarkan gerakan pilates untuk dilakukan di rumah. Namun pilates disarankan dilakukan di bawah pengawasan instruktur berpengalaman, terutama bagi pemula. Hal itu penting agar Anda dapat memperoleh manfaat pilates secara maksimal, sekaligus menghindari risiko cedera. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba? (RH/STE/CM)

Daftar Pustaka

Robinson K.M. Brakeville R, DPT [Reviewed]. 2016. Pilates. Available at https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/what-is-pilates


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store