Manfaat Pola Hidup Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

12

Tahukan Anda, bahwa dengan menjalani pola hidup sehat Anda akan memperoleh banyak manfaat bagi tubuh. caranya cukup mudah, Anda cukup makan makanan bergizi, olahraga teratur, tidak merokok dan tidak minum alkohol. Memang awalnya sulit untuk dilakukan. Namun, mengapa tidak? Pasalnya, jika Anda ingin berkorban untuk kesehatan yang lebih baik, dampaknya bisa jauh luar biasa menguntungkan. Apa saja manfaat pola hidup sehat yang bisa didapat? Berikut penjelasannya.

  1. Menjaga kesehatan mental

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus Anda perhatikan melainkan juga kesehatan mental. Mood yang baik dan kognitif yang baik akan memberikan dampak penting pada kehidupan Anda misalnya saja dalam kualitas hidup, produktivitas dan hubungan interpersonal dengan orang lain yang lebih sehat.  Menurut Mayo Clinic, berolahraga dan makan makanan sehat merupakan cara pola hidup sehat yang bermanfaat bagi mood atau suasana hati Anda. Ini dikarenakan aktivitas fisik bisa merangsang keluarnya produksi hormon endorfin. Manfaat pola hidup sehat dengan melakukan olahraga jangka pendek juga bisa menurunkan risiko stres dan peningkatan fungsi kognitif otak.

  1. Menjaga berat badan ideal

Dengan makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda menghindari penambahan berat badan berlebih dan menjaga angka berat badan yang sehat. Menurut Mayo Clinic, fisik yang aktif sangat baik untuk mencapai angkat berat badan yang sehat serta ideal. Selain itu, manfaat pola hidup sehat dengan olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan energi.

  1. Mencegah penyakit datang

Penyakit kronis seperti jantung, tekanan darah tinggi, strok, kanker dan diabetes merupakan jenis penyakit endemic yang ada dalam masyarakat modern saat ini. hal ini tentu saja tidak terlepas dari adanya gaya hidup saat ini yang sangat tidak sehat. penyebab lainnya adalah dari riwayat keluarga yang menurun. Penyakit kronis ini tentu saja sangat berbahaya. Untuk membantu mencegahnya Anda sebaiknya melakukan gaya hidup sehat seperti diet pada orang yang mengalami kegemukan, tidak makan sembarangan, olahraga teratur dan menghindari berbagai polusi supaya radikal bebas tidak masuk ke dalam tubuh. menurut American Cancer Society menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga teratur dan makan makanan yang bergizi dapat membuat pencegahan kanker lebih optimal bahkan ketika Anda memiliki faktor gen atau keturunan pada penyakit tersebut.

  1. Meningkatkan energi

Pola hidup sehat identik dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta olahraga teratur yang secara langsung dapat membantu peningkatan energi. Olahraga akan membantu melepaskan endorfinEndorfin, selain dapat membuat perasaan lebih baik, juga dapat membantu meningkatkan energi.

  1. Membuat penampilan menjadi lebih segar dan menarik

Sering kali kita merasa letih dan bad mood membuat penampilan kita amburadul, timbul lingkaran hitam pada mata karena tidur yang tidak berkualitas, bahkan tubuh menjadi obesitas karena salah dalam penerapan pola makan dan gaya hidup. Gaya hidup sehat mampu membuat penampilan menjadi awet muda sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Gaya hidup sehat dengan mengonsumsi vitamin C, vitamin A dan antioksidan akan membantu Anda menghalau segala jenis radikal bebas yang meraja lela saat ini.

Untuk menerapkan pola hidup sehat sebenarnya lahir dari kesadaran diri kita sendiri, oleh sebab itu niatkan dalam diri Anda bahwa Anda akan benar-benar meninggalkan pola hidup lama Anda yang tidak sehat ke pola hidup yang lebih sehat. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pola-hidup-sehat-tidak-didukung-keluarga/

manfaat.co.id/manfaat-hidup-sehat


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store