MANFAAT SAFRON BAGI KESEHATAN

9

Kesehatan merupakan hal yang mahal. Untuk menjadi sehat masyarakat menghabiskan uang yang tidak sedikit baik untuk berobat maupun melakukan check up rutin. Tidak sedikit yang kemudian mencoba berbagai obat yang diyakini dapat memberikan manfaat kesehatan maupun menyembuhkan penyakti. Pada saat inilah kita perlu kritis. Berbagai obat (terutama yang tidak terdaftar pada BPOM. Obat-obat ini tentu tidak memiliki izin edar dan dapat berbahaya bagi konsumennya. Walaupun suatu obat sudah terdaftar pun, tidak semuanya dapat digunakan sembarangan, harus sesuai indikasi dan sesuai dengan aturan pakai. Dalam kondisi seperti ini, munculah berbagai tanaman yang memang terbukti secara ilmiah dapat memberikan manfaat kesehatan. Salah satu tanaman tersebut adalah saffron.

Saffron biasanya digunakan sebagai bumbu dan merupakan salah satu bumbu makanan termahal di dunia. Harga saffron sebanyak 450 gram bisa mencapai 500 sampai 5000 dollar Amerika. Saffron diambil dari Crocus sativus, sebuah tanaman yang tumbuh subur di Yunani dan berbentuk seperti bunga. Tanaman ini sangat mahal harganya karena proses produksinya yang luar biasa rumit. Safron memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan yang ada pada saffron akan dijabarkan di bawah ini :

  • Safron kaya akan antioksidan. Safron memiliki banyak antioksidan seperti crocin, crocetin, serta safranal. Antioksidan adalah suatu zat yang dapat melawan radikal bebas. Pada jangka panjang, zat ini dapat mencegah kanker. Selain itu zat antioksidan yang terdapat pada saffron juga memiliki sifat menurunkan inflamasi dan menekan nafsu makan sehingga bagus untuk menurunkan berat badan.
  • Safron ditemukan memiliki potensi untuk membantu mengobati depresi. Tentu lebih banyak penelitian lagi yang dibutuhkan untuk membuktikan hal ini, namun dari penelitian yang ada, saffron dapat membuat mood lebih baik dan mengobati depresi ringan hingga sedang.
  • Memakan dan mencium aroma saffron dan membantu melawan gejala pre menstrual syndrome atau PMS. Pada penelitian yang dilakukan pada wanita usia subur didapatkan mengkonsumsi 30 gram saffron dan membantu menangani gangguan akibat PMS seperti nyeri perut dan nyeri kepala
  • Dapat berfungsi untuk meningkatkan libido. Safron yang dikonsumsi sebanyak 30 mg dalam sehari terbukti dapat membantu pria dengan gangguan disfungsi ereksi. Studi lain juga membuktikan bahwa saffron dapat membantu kualitas sperma dan meningkatkan gairah. Pada wanita saffron juga terbukti dapa meningkatkan gairah serta membantu lubrikasi sehingga memperlancar hubungan seksual.
  • Safron juga memiliki berbagai manfaat untuk penyakit metabolik. Safron dapat membantu menurunkan gula darah. Menurut beberapa penlitian saffron juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Safron terbukti dapat mencegah pembuntuan pada arteri dan dapat menurunkan berbagai kolesterol jahat pada darah. (RPG)

Sumber

RAMAN, Rayan. 2019. Healthline. [online]. [Accessed 07 December 2019]. Available from World Wide Web: <https://www.healthline.com/nutrition/saffron#section7>(RAMAN, Rayan, 2019)