Manfaat Sarapan Pagi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

107

Sarapan pagi adalah waktu makan yang mungkin sering terabaikan, entah karena buru-buru berangkat kerja atau sekolah, atau karena tidak sempat menyiapkan sarapan. Padahal manfaat sarapan pagi sangatlah banyak dan penting bagi tubuh kita. Begitu pentingnya sarapan pagi, maka tak heran orang tua selalu menganjurkan anaknya untuk sarapan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena menurut beberapa studi dan penelitian, para ahli mengatakan bahwa manfaat sarapan pagi antara lain membantu melindungi tubuh dari penyakit, memberikan energi untuk memulai hari baru, pengendalian berat badan dan meningkatkan konsentrasi dan kinerja. Lebih lengkap berikut berbagai manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh.

 

  1. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Manfaat yang bisa diperoleh dari sarapan pagi tak hanya itu saja. Risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari.

 

  1. Memberikan energi

Layaknya kendaraan yang membutuhkan bensin agar bisa tetap jalan dan melaju, begitupun dengan tubuh kita yang perlu di isi dengan asupan sarapan yang tepat agar dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas sepanjang hari. Disarankan untuk bisa membuat sarapan yang kita makan menjadi sumber energi yang baik, ialah dengan memilih sarapan dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan, makanan tinggi protein, makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan, jangan lupa juga untuk pilih telur dan susu yang sangat baik untuk sarapan.

 

  1. Mengendalikan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan sarapan, Anda tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. Ketika Anda melewatkan sarapan pagi, maka Anda akan lebih mudah untuk tergoda mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalori namun tidak mengenyangkan.

 

  1. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat sarapan pagi selanjutnya yang tak kalah pentingnya yaitu dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak, dari peningkatan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi bahkan meningkatkan kewaspadaan. Karena otak kita membutuhkan glukosa dari makanan – karbohidrat sangat baik – untuk bekerja dengan baik. Tidak  sarapan pagi berarti energi otak akan berkurang, sehingga fungsinya dapat menurun. Oleh karena itu sarapan sangat penting bagi para pelajar dan pekerja.

 

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.

 

Setelah memahami banyaknya manfaat sarapan pagi yang bisa Anda dapatkan, sebaiknya hindari melewatkan pagi tanpa mengonsumsi makanan bergizi. Percayalah, hari Anda akan lebih baik jika membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

 

Daftar pustaka

https://alodokter.com/manfaat-sarapan-yang-tidak-boleh-dilewatkan.html

https://liputan6.com/lifestyle/read/3289467/alasan-betapa-pentingnya-sarapan-pagi-sudah-sarapan


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store