Manfaat Senam Kegel Bagi Ibu Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

333

Senam hamil merupakan latihan fisik yang dikhususkan bagi para ibu hamil untuk melatih otot-otot tertentu yang dapat membantu proses persalinan normal seperti otot perut, otot panggul, dan otot paha. Senam hamil menjadi salah satu usaha untuk menjaga kesehatan ibu hamil, selain konsumsi makanan sehat, minum suplemen dari dokter, serta mengatur waktu istirahat yang cukup.

Senam hamil hanya dapat dilakukan pada saat kehamilan sudah memasuki usia 6 bulan atau sekitar 24 minggu ke atas dan dilakukan 1 kali dalam satu minggu. Salah satu senam dalam kehamilan yang sering dilakukan adalah senam kegel. Nah, apa beda senam ini dengan senam hamil biasa dan apa saja manfaatnya? Mari kita simak berikut ini.

Saat ini, senam kegel mulai diminati oleh banyak orang khususnya kaum wanita. Senam kegel merupakan senam untuk menguatkan otot panggul terutama pada daerah otot yang berhubungan dengan saluran kandung kemih. Senam ini dimaksudkan untuk melatih otot-otot yang ada di sekitar vagina agar menjadi lebih kuat. Akibatnya, persalinan normal dapat berlangsung dengan lebih mudah dan menjaga agar tidak terjadi ngompol setelah persalinan. Dengan melakukan senam kegel pada saat hamil, maka akan dirasakan beberapa manfaat, antara lain:

  • Mempermudah proses persalinan, karena gerakan senam kegel dapat memperkuat otot dan melatih pengendalian otot.
  • Memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir (tanpa atau sedikit jahitan). Pada saat proses persalinan normal, ukuran bayi yang lebih besar daripada vagina dapat menyebabkan jaringan disekitarnya terluka hingga mengalami perobekan. Dengan senam kegel, otot di sekitar vagina akan dilatih untuk menjadi lebih kuat dan lebih elastis, sehingga saat terjadi peregangan akibat proses persalinan normal, otot-otot tersebut masih cukup elastis untuk meregang tanpa menyebabkan robekan atau dengan robekan yang minimal.
  • Mengurangi risiko mengompol atau ketidakmampuan menahan buang air kecil setelah persalinan. Salah satu otot yang mungkin mengalami peregangan hingga robekan saat proses melahirkan normal adalah otot yang mengatur kemampuan buang air kecil untuk menahan dan mengeluarkan. Robekan pada otot ini seringkali menyebabkan ketidakmampuan menahan buang air kecil setelah persalinan, sehingga seseorang jadi sering mengompol. Bahkan saat batuk atau tertawa pun akan mengompol. Dengan senam kegel yang mampu meminimalisir robekan pada otot saat proses melahirkan, maka risiko mengompol juga dapat diminimalisir.
  • Mengurangi ambeien atau wasir pada wanita. Ambeien atau wasir terjadi akibat penonjolan rajutan pembuluh darah balik (vena) pada anus. Biasanya penonjolan ini disebabkan akibat penekanan dari luar baik konsistensi BAB yang keras hingga penekanan akibat proses melahirkan normal. Senam kegel mampu mengencangkan susunan struktur dan jaringan pada daerah ini, sehingga rajutan pembuluh darah balik lebih terlindungi, dan penonjolan dapat dicegah untuk terjadi.

Berikut adalah cara melakukan senam kegel untuk ibu hamil:

  1. Langkah awal yang penting untuk dilakukan yaitu kenali otot dasar panggul yang benar (yang akan dilatih) yaitu otot pubococcygeus;
  2. Gerakan awal dapat dimulai dengan cara menahan buang air kecil dan kemudian lepaskan, atau biasanya gerakan ini disebut dengan gerakan stop and go;
  3. Kencangkan atau kontraksikan otot panggul dan tahan sekitar 5 detik, lalu kemudian kendurkan secara perlahan;
  4. Lakukan berulang-ulang 10-20 kali. Lakukan minimal 3 kali sehari;
  5. Lakukan secara rutin setiap hari.

Nah, apakah para calon Bunda tertarik untuk melakukan senam Kegel ini? Biarpun kelihatan sederhana tetapi Anda akan merasakan manfaatnya terutama saat melahirkan secara normal. Silaka mencoba! (BR/STE)

DAFTAR PUSTAKA

Ardani, N.M.K. (2010). Pengaruh Senam Kegel Terhadap Kontraksi Otot Dasar Panggul Pada Lansia Wanita Di Banjar Pegok Denpasar Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Denpasar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store