MANFAAT SPA DAN PIJAT UNTUK KESEHATAN

12

Siapa yang tidak sukat pijat? Setelah mengalami hari yang panjang dan melelahkan, terjebak di kemacetan, pekerjaan yang menumpuk serta dimarahi bos. Pijat menjadi alternatif hiburan dan relaksasi yang menyenangkan. Selain pijat alternatif lain yang dapat menjadi sarana relaksasi adalah dengan menikmati spa. Kedua pilihan relaksasi ini menjadi pilihan masyarakat dalam menghilangkan stress dan menyiapkan diri untuk menjalani hari-hari kerja yang berat dan melalahkan. Namun, tahukah bahwa kedua jenis terapi ini memiliki manfaat bagi kesehatan? Manfaat apa yang dapat diberikan pijat dan spa dalam kesehatan? Artikel ini akan membahas kedua hal tersebut.

Pijat merupakan sebuah rangkaian penekanan, pengurutan, dan manipulasi pada kulit, tendon, dan otot. Pijat dapat terbagi menjadi beberapa jenis mulai dari dorongan dan sentuhan ringan hingga tekanan dalam pada berbagai bagian tubuh.

Pijat tergolong sebagai terapi komplemen atau tambahan saja dalam integrasi dari berbagai terapi medis. Saat ini banyak sekali permintaan terhadap pijat sebagai bagian dari terapi berbagai kelainan dan situasi medis. Studi menunjukan berbagai manfaat dari pijat, dan merupakan terapi yang efektif untuk menurunkan stress, nyeri dan tensi otot yang berlebihan. Walaupun membutuhkan penelitian lebih lanjut, telah terbukti bahwa beberapa penyakit dapat membaik setelah pemberian terapi pijat. Beberapa penyakit tersebut adalah cemas, gangguan pencernaan, fibromialgia, nyeri kepala, insomnia dan stress, sindroma miofasial, cedera pada olahraga dan cedera jaringan lunak yang lain, serta nyeri pada sendi temporomandibular. Beberapa orang juga menyukai pijat karena memberikan sensasi nyaman dan aman. Walaupun begitu pijat sebaiknya tidak menjadi terapi utama dari penyakit yang sedang diderita. Tidak semua orang juga dapat menjalani terapi ini. Bicaralah dengan dokter Anda jika ingin memulai terapi pijat dan ikutilah prosedur yang dianjurkan dokter.

Sedangkan untuk spa, manfaat yang paling menyenangkan adalah relaksasi sederhana. Mandi di air panas yang berbusa dapat menangkan untuk keadaan mental, juga bagi otot-otot dalam tubuh yang lelah setelah beraktivitas. Untuk mereka para atlet atau yang senang berolahraga, panas dan tekanan dari jet spa dapat menyebabkan efek tereputik. Panas yang keluar dari spa dapat menyebabkan aliran darah mencjadi lancar dan membuat relaksasi dari sendi, dan dapat menurunkan inflamasi. Spa lebih baik jika dilakukan dengan pemanasan ringan.

Spa juga bermanfaat bagi orang yang sedang recovery dari cedera karena dapat meringankan nyeri dan menurunkan spasme otot. Walupun begitu spa juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang tidak sedang berusaha sembuh dari cedera. Manfaat lain yang bisa diambil dari spa adalah dapat membantu insomnia karena menyebabkan relaksasi sebelum tidur. (RPG)

Sumber:

BIOGUARD. 2019. Bioguard. [online]. [Accessed 10 December 2019]. Available from World Wide Web: <https://bioguard.com.au/solutions/the-health-benefits-of-spas/>

MAYO CLINIC STAFF. 2018. Mayo Clinic. [Accessed 10 December 2019]. Available from World Wide Web: <https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/massage/art-20045743>