Manfaat Sunat Bagi Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

129

Sunat adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Di indonesia, setelah proses sunat, keluarga akan mengadakan pesta sebagai tanda kebahagiaan keluarga bahwa anak laki-lakinya sudah berani disunat. Di balik tradisi tersebut, sunat ternyata memang menyimpan berbagai manfaat. Manfaat apa saja kah itu? Berikut penjelasannya!

  1. Mengurangi risiko terkena PMS

Saat disunat, kulit lebih yang menyelubungi ujung penis akan dipotong dan dibersihkan, sehingga tidak ada lagi sisa kencing yang bisa mengendap dimana virus dan bakteri berkembang biak. Hal ini tentunya dapat mencegah penyakit menular seksual (PMS), seperti human papilloma virus atau HPV, herpes, sifilis, dan HIV. Penelitian bahkan menemukan bahwa, laki-laki yang tidak disunat memiliki risiko HIV sebesar 2-8 kali lebih besar dibandingkan dengan laki-laki yang disunat. Meski demikian, pria yang sudah menjalani sunat harus tetap melakukan hubungan seksual yang sehat dan aman.

  1. Menghindari munculnya fimosis

Pria yang tidak sunat harus menarik kulupnya ke bawah setiap akan berhubungan badan. Beberapa pria kerap kesulitan menarik bagian itu karena kulup kerap memiliki lubang yang kecil sementara kepala penis semakin membesar. Hal ini dapat menyebabkan kepala penis terjerat oleh kulup (fimosis). Bila dibiarkan penis dapat mengalami keradangan hingga kekurangan pasokan darah (energi dan oksigen) yang menyebabkan sel penis mati.

  1. Menurunkan risiko infeksi kandung kemih

Salah satu penyebab infeksi saluran kemih adalah adanya penumpukan kotoran disekitar kulup penis. Hal ini terjadi karena pria yang penisnya masih memiliki kulup akan susah dalam membersihkan begian kepala penis dengan cepat dan sisa kencing dapat menumpuk dan mengendap dalam kulup penis. Endapan ini merupakan tempat yang sangat baik untuk bakteri berkembang dan menyebabkan risiko infeksi kandung kemih semakin besar.

  1. Risiko kanker menurun

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang disunat saat baru lahir tidak ada yang menderita kanker penis. Selain kanker penis, laki-laki yang tidak disunat juga bisa menderita kanker prostat dengan kemungkinan 50-100% lebih besar daripada laki-laki yang disunat.

Sunat atau khitan yang dilakukan segera setelah lahir, menunggu hingga sekolah, atau tidak disirkumsisi sama sekali, semuanya kembali pada pendapat masing-masing. Yang penting, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter ahli jika Anda memiliki keraguan atau pertanyaan terhadap prosedur ini.

Jika Anda tidak disunat, hindari risiko berbagai penyakit di atas, terutama infeksi menular seksual, dengan cara membersihkan penis dengan saksama setiap mandi dan setiap selesai buang air. Jangan lupa gunakan pelindung setiap Anda berhubungan seks. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE/CM)

 Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/risiko-jika-tidak-sunat/

5 Manfaat Sunat yang Akan Dinikmati Pria


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store