Manfaat Susu Kedelai

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

734

Beberapa tahun belakangan ini manfaat susu kedelai mulai banyak dibahas di media-media. Banyak yang mulai tertarik mengonsumsinya dengan alasan lebih sehat dari susu sapi. Nah, pada artikel hari ini kita akan membahas seberapa besar sih manfaat susu kedelai ini. Siapa tahu setelah ini Anda akan tertarik untuk mulai mengonsumsinya sebagai salah satu pelengkap asupan gizi harian. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

  1. Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai merupakan sumber yang baik dari fitoestrogen, yaitu hormon tanaman yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Dengan mengurangi kadar testosteron secara signifikan dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker prostat.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai secara alami cenderung mengandung gula yang lebih rendah dibanding susu biasa. Susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula per cangkir dibandingkan dengan susu kedelai yang hanya 7 gram. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai juga dapat menghambat penyerapan lemak pada usus Anda.

  1. Kesehatan Jantung

Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika telah menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 25 gram protein kedelai per hari, sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi kolesterol dalam darah.

  1. Memperbaiki Profil Lemak

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kedelai secara teratur, secara signifikan dapat membantu Anda dalam menurunkan konsentrasi trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

  1. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Pada jurnal “The Journal of Nutrition” edisi Desember 2010, melaporkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kedelai dalam jumlah sedang sepanjang hidupnya, memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kedelai.

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Susu kedelai dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko mengalami gangguan mental, hal ini dikarenakan kedelai mengandung sejumlah mikronutrisi seperti magnesium, vitamin B, serta kandungan yang tinggi akan vitamin D yang berperan dalam menjaga kesehatan mental.

  1. Mencegah Sindrom Pascamenopause

Setelah menopause, wanita akan mengalami penurunan hormone estrogen sehingga rentan terhadap penyakit kronis. Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai merupakan pengganti estrogen yang efektif. Sehingga dengan mendapat asupan kedelai secara teratur merupakan cara yang bagus untuk mencegah dan meringankan sindrom pascamenopause ini.

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit lainnya yang terkait dengan usia dan hormon. Fitoestrogen pada kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk hasil yang optimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.

Ternyata susu kedelai menyimpan banyak manfaat. Tentu saja manfaat ini juga bisa Anda dapatkan dari produk kedelai lain seperti tahu dan tempe. Semoga bermanfaat.(BR)

DAFTAR PUSTAK

  1. fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/6-health-benefits-of-soy-milk.html
  2. healthfitnessrevolution.com/health-benefits-of-soy-milk/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store