Manfaat Teh Chai Bagi Kesehatan

133

Teh chai merupakan suatu jenis teh yang dibuat dari campuran teh hitam, kayu manis, jahe, cengkih, kapulaga, dan lada hitam. Berbagai komponen penyusun teh chai ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, mulai dari membantu proses pencernaan, mencegah kanker, menurunkan kadar gula darah, dan menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Memiliki Efek Anti Inflamasi (Anti Radang)

Berbagai komponen penyusun teh chai diduga mengandung berbagai zat yang memiliki efek anti inflamasi yang cukup kuat. Eugenol yang terdapat di dalam cengkih merupakan suatu agen anti inflamasi kuat yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri gusi dan radang secara umum.

Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2005, jahe juga mengandung berbagai agen anti inflamasi yang dapat digunakan sebagai pengganti obat NSAID (non steroidal anti inflammatory drugs).

Berdasarkan sebuah penelitian lainnya di tahun 2010, kayu manis juga memiliki beberapa agen anti inflamasi.

Antioksidan

Teh chai juga mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker dan berbagai gangguan jantung serta pembuluh darah. Teh hitam merupakan suatu antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel dan jaringan tubuh akibat efek radikal bebas.

Teh jahe juga merupakan suatu antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah terjadinya beberapa jenis kanker seperti kanker kolorektal dan kanker ovarium (indung telur).

Bahan aktif di dalam lada hitam, piperine juga merupakan suatu antioksidan kuat yang dapat mencegah terjadinya kerusakan akibat proses oksidatif di dalam tubuh.

Kapulaga juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker kulit (non melanoma) dan membantu menurunkan tekanan darah serta menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Membantu Kerja Saluran Pencernaan

Teh chai biasanya dikonsumsi setelah makan karena dapat membantu proses pencernaan makanan. Lada hitam di dalam teh chai dapat membantu kerja pankreas untuk menghasilkan berbagai enzim pencernaan yang berfungsi untuk mencerna lemak dan protein di dalam makanan yang dikonsumsi.

Jahe merupakan suatu jenis herbal yang dapat membantu mengatasi rasa mual dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda. Selain itu, kayu manis juga sering digunakan sebagai stimulan saluran pencernaan.

Sumber: healthyeating.sfgate