Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan

238

Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini sudah dikenal sebagai rempah berkhasiat selama ribuan tahun yang lalu. Manfaat jahe terutama karena kandungan senyawa seperti minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.
Teh jahe saat ini sangat populer karena manfaat yang dimilikinya. Berbagai masalah medis dapat dicegah atau diatasi dengan meminum teh ini. Yang harus Anda lakukan hanya merebus teh disertai beberapa iris jahe. Berikut manfaat teh jahe untuk kesehatan.

Meredakan nyeri perut
Teh jahe dapat meredakan sakit perut yang Anda alami. Efek analgesik yang dimiliki oleh jahe dapat menenangkan nyeri dan perut Anda akan terasa lebih baik. Selain itu teh jahe juga dapat mempercepat proses penyerapan makanan sehingga dapat menghindari nyeri perut.

Mengobati mual dan mabuk perjalanan
Teh jahe juga dikenal dapat menenangkan persyarafan saat mengalami mabuk perjalanan atau saat mual. Minumlah teh jahe sebelum melakukan perjalanan jika Anda memiliki kecenderungan mabuk perjalanan. Teh jahe juga dapat mengobati muntah-muntah, nyeri kepala dan migrain.

Untuk masalah pernafasan
Teh jahe dapat membantu masalah pernafasan seperti hidung tersumbat dan demam. Teh jahe akan terasa menghangatkan tubuh dan aroma rempah yang dimiliki jahe akan dapat melegakan pernafasan yang tersumbat sehingga Anda dapat bernafas lebih mudah.

Untuk masalah menstruasi
Dengan meminum segelas teh jahe hangat akan mampu mencegah terjadinya kram perut yang biasa dialami wanita saar menstruasi. Selain itu Anda dapat merendam kain kedalam rendaman air jahe dan meletakkannya ke perut bagian bawah agar otot-otot perut bagian bawah menjadi lebih rileks.

Untuk peredaran darah
Teh jahe juga dapat memperbaiki aliran darah karena kandungan vitamin, mineral dan asam amino didalamnya. Dengan lancarnya peredaran darah Anda maka Anda telah mengurangi resiko terkena serangan jantung dan berbagai masalah pembuluh darah lainnya. teh jahe juga dapat mencegah bertumpuknya lemak di pembuluh darah.

Sumber: healthmeup