Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

523

Kandungan Nutrisi di Dalam Tomat
Setiap 100 gram tomat hanya mengandung sekitar 20 kalori. Tomat sebagian besarnya terdiri dari air dan serat. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, likopene, magnesium, mangan, dan kalium.

1.  Mencegah Kanker
Tomat mengandung banyak sekali antioksidan termasuk likopene. Likopene dapat membantu menghambat metabolisme sel-sel karsinogenik. Mengkonsumsi tomat telah terbukti dapat membantu mencegah terjadinya kanker lambung, kanker prostat, kanker rektum, dan kanker payudara. Tomat juga dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi proses inflamasi (radang). Selain likopene, tomat juga mengandung fenol, beta karoten, dan vitamin C yang juga dapat membantu melawan kanker.

2.  Menjaga Kesehatan Jantung
Tomat mengandung banyak niasin, asam folat, dan vitamin B6 yang dapat membantu menurunkan resiko terjadinya berbagai penyakit jantung. Tomat juga mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan berbagai stress oksidatif sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol HDL di dalam darah.

3.  Menutrisi Kulit
Likopene yang terdapat di dalam tomat dapat membantu melindungi kulit dari berbagai efek berbahaya dari radikal bebas dan paparan sinar UV. Tomat juga merupakan suatu pelembab alami bagi kulit yang dapat membantu melembab kulit. Tomat juga memiliki berbagai agen anti inflamasi yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bila dikonsumsi secara teratur.
Selain itu, mengkonsumsi tomat juga dapat membantu melawan jerawat, bisul, mengurangi pembentukan noda hitam, dan menutrisi kulit.

4.  Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari tomat bagi kesehatan anda adalah:
•  Menurunkan tekanan darah (likopene)
•  Mencegah terjadinya serangan migrain (riboflavin)
•  Membantu menguatkan tulang (vitamin K)
•  Membantu menjaga kesehatan mata (vitamin A)


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store