Manfaat Tomat Untuk Kulit

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

75

Tomat merupakan tanaman yang kaya akan antioksidan alami yang disebut dengan likopen. Likopen merupakan salah satu antioksidan alami yang paling kuat untuk memerangi radikal bebas yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Selain itu, tomat juga mengandung zat lainnya yang bermanfaat seperti  vitamin A, vitamin C, beta karoten, gula, kalori,  alfa karoten, dan lutein. Selain sangat baik untuk kesehatan tubuh ternyata tomat ini juga dikenal sangat baik untuk kecantikan wajah. Manfaat apa saja yang akan anda dapatkan dari tomat untuk wajah? Berikut penjelasannya!

 

  1. Mencerahkan kulit

Tomat mengandung tinggi Vitamin C, yang dikenal untuk mencerahkan kulit. Caranya cukup menerapkan masker tomat atau menggosok bagian-bagian tomat pada kulit akan membuat kulit menjadi lebih halus, membut kulit bercahaya, dan tampak sehat.

 

  1. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar dan membuka membuat kuman dan bakteri dapat dengan mudahnya masuk ke dalam kulit apalagi dengan adanya polusi saat ini yang sangat banyak. Selain itu, pori-pori yang besar juga dapat menyebabkan keluarnya minyak berlebihan sehingga juga dapat muncul jerawat dan komedo. Untuk membantu mengecilkan pori-pori anda bisa menggunakan tomat. Caranya adalah dengan mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan perasan jeruk nipis. Oleskan ke seluruh area wajah dan gosokan perlahan dengan melakukan pijatan kecil. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas menggunakan air hangat. Seletah itu bilas kembali menggunakan air dingin agar pori-pori yang telah ternutrisi kembali mengecil.

 

  1. Mengatasi jerawat

Kulit yang tidak sehat dan kekurangan vitamin A dan C dapat menyebabkan munculnya jerawat membandel. Tomat adalah sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C dan A. Sehingga tomat merupakan salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat. Caranya dengan menggunakan masker tomat secara rutin minimal seminggu 2 kali, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat lalu akhiri dengan air dingin.

 

  1. Mengatasi komedo

Komedo yang menempel di daerah hidung memang bisa membuat penampilan wajah kita menjadi terganggu, apalagi rasa gatal yang sesekali menyerang akan mengganggu kenyamananmu. Kamu bisa mengambil manfaat masker tomat untuk mengatasi masalah komedo membandel.  Caranya siapkan 1-2 sendok makan tomat yang sudah dihancurkan, 1 sendok makan oat dan 1 sendok makan yoghurt plain. Campur yoghurt dan tomat, kemudian perlahan masukkan juga oat ke dalam campuran tersebut. Hangatkan sedikit campuran ini dan aduk hingga rata. Setelah dingin, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air. Untuk hasil maksmimal, gunakan masker tomat dua kali seminggu. Oatmeal dalam masker ini bekerja sebagai deep cleanser dan membersihkan semua kotoran yang menumpuk di pori-pori. Sedangkan yoghurt mengandung asam laktat yang akan membersihkn sel-sel kulit mati.

 

  1. Sebagai tabir surya alami

Menurut berbagai penelitian, tomat mengandung antioksidan yang disebut lycopene yang bertindak sebagai tabir surya alami. Masker tomat memberikan perlindungan kulit dari sinar UV yang keras. Caranya yaitu gunakan masker tomat dan luluran tomat pada wajah serta kulit Anda secara rutin. Hal ini akan membuat kandungan lycopene yang terdapat di dalam tomat terserap oleh sel-sel kulit wajah ataupun seluruh tubuh Anda yang dapat membantu menangkal paparan sinar matahari terutama untuk sinar ultra violet yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit Anda.

 

Itulah beberapa manfaat dari tomat untuk kecantikan Anda, Anda dapat membuatnya dirumah yang pastinya aman dan murah tanpa efek samping. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/CM)

 

Daftar Pustaka

https://manfaat.co.id/manfaat-tomat-untuk-kulit-dan-kecantikan

http://cintaihidup.com/mau-kulit-wajah-sehat-inilah-10-manfaat-masker-tomat-yang-patut-kamu-coba/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store