Manfaat Ubi Bagi Kesehatan

147

1.  Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam ubi dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung anda. Ubi mengandung beta karoten yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) di dalam tubuh.
Selain itu, Vitamin B6 di dalam ubi juga dapat membantu pemecahan homosistein, yaitu suatu komponen yang berperan dalam pengerasan pembuluh darah arteri dan pembuluh darah lainnya serta dapat membantu meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah arteri sehingga darah lebih mudah mengalir ke seluruh tubuh.
Kalium di dalam ubi dapat membantu menjaga kecepatan denyut jantung dan menyeimbangkan efek natrium di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

2.  Mencegah Kanker
Karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi, ubi juga dapat menghambat metabolisme sel-sel kanker yang sedang berkembang di dalam tubuh. Beta karoten dan lutein di dalam ubi dapat membantu mencegah terjadinya kanker paru, kanker usus besar, dan kanker lambung.
Berbagai antioksidan lainnya yang juga berfungsi sebagai agen antikarsinogenik di dalam ubi adalah asam caffeic, asam dicaffeoilquinik, dan asam tricaffeoilquinik. Antosianin yang terdapat di dalam ubi juga sangat membantu melawan kanker hati.

3.  Meningkatkan Kesehatan Mata
Beta karoten dan zeaxanthin dalam ubi dapat membantu meningkatkan kesehatan mata anda. Kedua zat ini dapat membantu mencegah terjadinya katarak, meningkatkan kemampuan penglihatan di malam hari, dan mencegah terjadinya degenerasi makula pada orang lanjut usia.
Mengkonsumsi ubi juga dapat membantu menghambat kerja berbagai zat yang mengganggu fungsi vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk melindungi lapisan kornea, mencegah mata kering, dan mencegah terjadinya retinitis pigmentosa.

4.  Membantu Mengatasi Diabetes
Ubi memiliki kadar glikemik rendah (melepaskan gula/glukosa lebih lambat dan stabil sehingga kadar gula darah lebih stabil setelah makan) sehingga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, ubi juga membantu meningkatkan kadar hormon adiponektin, suatu hormon yang berperan dalam metabolisme insulin.

5.  Meningkatkan Kesehatan Kulit
Kandungan antioksidan di dalam ubi dapat melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsi ubi dapat membantu mengendalikan pembentukan kerutan dan penuaan dini pada kulit.
Beta karoten dan vitamin A dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menghambat produksi melanin (pigmen kulit, yang membuat kulit tampak lebih gelap).
Vitamin C pada ubi juga dapat membantu menghambat proses oksidasi dan membuat kulit tampak lebih kenyal dan berkilau. Ubi juga dapat membantu mencegah pembentukan noda hitam pada kulit.

6.  Membantu Kerja Sistem Pencernaan
Ubi mengandung banyak serat yang dapat membantu kerja sistem pencernaan anda dan mencegah terjadinya sembelit. Vitamin C juga dapat membantu menstimulasi produksi air liur dan berbagai enzim pencernaan untuk membantu kerja sistem pencernaan.

7.  Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari ubi bagi kesehatan anda adalah:
•  Mengurangi stress dan rasa cemas (magnesium)
•  Membantu menjaga kesehatan tulang, otot jantung, saraf, dan pembuluh darah arteri (magnesium)
•  Membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh (zat besi)
•  Membantu melawan berbagai kuman penyebab infeksi sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai infeksi saluran pernapasan dan meredakan hidung tersumbat (vitamin C)
•  Mencegah terjadinya radang sendi karena ubi mengandung seng, magnesium, dan vitamin B

Sumber: foodtofitness