Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

274

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah dan membantu mempertahankan kekuatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin D juga mampu menguatkan gigi, membantu mempercepat proses penyembuhan, membantu mencegah radang gusi karena vitamin D memiliki sifat antiradang,  dan bertanggung jawab untuk menciptakan sementum yang mengikat gigi ke tulang di mulut.

Seperti yang telah disebutkan di atas, vitamin D juga berperan untuk mengatur sistem kekebalan tubuh. Mulut adalah sarang empuk bagi kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Apabila asupan vitamin D Anda sudah tercukupi dengan baik, maka ini akan semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan berbagai penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut. Tidak hanya itu, tanpa adanya vitamin D yang cukup, tubuh Anda juga tidak bisa membentuk senyawa kalsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium dari makanan. Ini artinya risiko Anda mengalami masalah gigi, terutama gigi berlubang dan penyakit gusi, bisa semakin meningkat. Terlebih, gen yang mengontrol periodontitis (penyakit gusi) juga diatur oleh reseptor yang dikendalikan vitamin D.

Untuk mendapatkan vitamin D sebenarnya tubuh telah memproduksinya sendiri yang didapatkan dari paparan sinar matahari yang diserap melalui kulit. Anda tidak perlu ‘membakar’ kulit Anda berjam-jam untuk mendapatkan vitamin ini. Pasalnya, kulit yang terpapar sinar matahari dalam waktu yang sebentar saja, dapat menghasilkan jumlah vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk kebutuhan sehari. Anda dapat membiasakan diri keluar rumah saat matahari belum tinggi di pagi hari kurang lebih 15 menit, sembari melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai, berlari pagi, bersepeda, ataupun berenang. Dengan demikian, vitamin D dapat terbentuk dengan baik dan Anda pun bisa menambah kebugaran diri dari olahraga ringan yang Anda lakukan.

Selain dari matahari, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D di antaranya ikan yang mengandung lemak baik (seperti salmon, tuna, makarel, sarden, dan herring), kuning telur, daging merah, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari buah dan sayur seperti almond, brokoli, jeruk, dan masih banyak lagi.

Jika Anda merasa tidak banyak waktu untuk mendapatkan paparan sinar matahari, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen yang banyak beredar di pasaran. Dengan asupan vitamin D yang cukup maka kesehatan gigi dan gusi juga akan terjaga dengan baik. Selain itu, selalu biasakan menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dan menyikatnya dengan perlahan. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/vitamin-d-kesehatan-gigi-dan-mulut/

doktersehat.com/jaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-dengan-vitamin-d/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store