MANFAAT WORK FROM HOME (WFH)

28

Sejak awal tahun 2020 hingga saat ini, jumlah kasus COVID-19 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia semakin hari semakin bertambah. Dan sejak ditetapkannya wabah virus Corona ini sebagai pandemi global, maka Pemerintah mulai menghimbau masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. 

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia untuk memutuskan rantai penularan adalah dengan membuat kebijakan agar seluruh karyawan bekerja dari rumah (work from home). Work from home (WFH) merupakan sebuah konsep dimana para karyawan di suatu perusahaan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah. Pada dasarnya, bekerja dari rumah memungkinkan karyawan untuk bekerja dengan jam yang lebih fleksibel dan tidak terlalu terikat.

Manfaat yang bisa diperoleh saat work from home (WFH), diantaranya:

  • Terhindari dari stress

Stres dan kecemasan akibat pekerjaan merupakan masalah yang paling sering dialami oleh pekerja. Stress yang berlebihan tentu akan memengaruhi kondisi fisik seseorang. Dengan bekerja dari rumah, maka dapat membantu memberikan sedikit ruang kepada Anda untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa tekanan seperti di kantor.

Stres lain yang tidak akan terjadi saat bekerja dari rumah yaitu masalah yang disebabkan oleh lingkungan kerja. Setiap perusahaan pasti memiliki karyawan yang sangat senang berdiskusi atau berbincang tentang banyak hal. Hal ini mungkin akan memicu konflik dan membuat Anda terganggu.

  • Memiliki waktu lebih untuk berolahraga

Salah satu faktor penyebab stres di kantor adalah perjalanan menuju tempat kerja. Tentu hal ini tidak berlaku bagi Anda yang beruntung lokasi kantornya dekat dengan rumah. Berbeda dengan mereka yang harus melintas kota menggunakan transportasi umum.

Dengan bekerja di rumah, waktu yang dihabiskan selama perjalanan ke kantor dapat digantikan dengan olahraga ringan yang mungkin sudah jarang Anda lakukan. Olahraga yang bisa Anda lakukan misalnya jogging, bersepeda, atau sekedar berjalan-jalan di lingkungan sekitar, sebelum atau setelah bekerja.

  • Pola hidup lebih seimbang

Keuntungan paling besar dan mencolok dari bekerja di rumah adalah kebebasan untuk mengatur waktu. Bekerja dari rumah dapat memberikan lebih banyak waktu luang dalam memenuhi pola hidup Anda sehari-hari. Anda dapat memberikan waktu yang lebih untuk keluarga dan orang-orang disekitar. Tapi, tentu saja Anda tetap harus bertanggung jawab dan tidak semena-mena dalam mengatur waktu.

  • Lebih fleksibel

Saat work from home, Anda dapat bekerja dimana saja dari rumah untuk menghindari kebosanan. Misalnya di ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, teras rumah, dan lainnya. Anda dapat mengatur sendiri tingkat kenyamanan dalam bekerja. Yang penting, ketika bekerja dari rumah, Anda dapat bertanggung jawab penuh atas pekerjaan yang akan diselesaikan.

  • Memperoleh kepuasan kerja

Saat Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efektif, kepuasan kerja dapat menjadi nilai tambah. Misalnya, ketika hari ini Anda mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tentu Anda juga akan merasa lebih bersemangat untuk besok hari. Adanya kepuasan kerja ini tentu akan semakin meningkatkan produktivitas serta loyalitas Anda terhadap pekerjaan.

Hal yang perlu diperhatikan saat Work from Home (WFH):

  • Menetapkan batasan

Sama halnya seperti saat bekerja di kantor, waktu bekerja dan keluarga perlu diatur secara pasti. Hal ini adalah salah satu kekurangan dari bekerja dari rumah. Karena kadang kepentingan keduanya bentrok dan dengan mudah dapat menyebabkan stres.

  • Membuat aturan sendiri

Bagi Anda yang sedang WFH, aturan tetap harus ada. Beritahu kepada orang-orang disekitar bahwa pada waktu tertentu Anda tidak bisa diganggu karena sedang bekerja. Dengan begitu, pembagian waktu tetap seimbang dan teratur dengan baik.

  • Dahulukan hal yang lebih penting

Bekerja di rumah memang terdengar sangat menguntungkan dan membuat hidup terasa lebih ringan. Namun, Anda perlu tetap bertanggung jawab dengan pekerjaan yang ditugaskan untuk Anda. Dengan jam kerja yang bisa diatur sendiri, bukan berarti semua tugas dilakukan sekaligus agar cepat selesai atau malah jadi tertunda-tunda. Sebelum memulai hari, buatlah daftar prioritas untuk tugas mana yang lebih baik diselesaikan terlebih dahulu, dan mana yang bisa dikesampingkan sementara. (RD/PP)

Sumber:

  • Crook I. The health benefits of working from home. Thrive Global. 2019
  • Uscher J. 5 Tips for Better Work-Life Balance. WebMD. 2013