Manfaat Yoga Untuk Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

94

Yoga merupakan salah satu jenis olah raga yang diadaptasi dari ajaran Hindu. Gerakan-gerakan yoga melibatkan fleksibilitas tubuh, peregangan otot-otot, serta kekuatan untuk menahan tubuh dalam posisi seimbang. Para praktisi yoga mengatakan bahwa yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, emosi, dan spiritual. Yoga juga ternyata dapat mencegah berbagai penyakit serta membantu proses pemulihan. Bagi pemula, gerakan dalam yoga mungkin akan terasa sulit. Tetapi dengan latihan yang rutin, Anda akan mulai terbiasa dan mendapatkan manfaatnya. Berikut manfaatnya bagi tubuh.

  1. Menenangkan pikiran

Salah satu kenikmatan yoga adalah perasaan tenang yang bisa Anda dapatkan melalui meditasi. Biasanya yoga dilakukan di tempat yang menunjang konsentrasi, bisa juga dengan menggunakan musik yang menenangkan sehingga memberi efek penyembuhan bagi batin-batin yang lelah. Sebagian studi menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres, serta memperbaiki mood dan kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang. Bahkan, manfaat yoga juga dapat dirasakan pada seseorang yang mengalami gangguan cemas, skizofrenia, dan gangguan tidur. Hal ini terjadi karena saat seseorang melakukan yoga, orang tersebut akan memiliki ketenangan dan tubuh orang tersebut akan memproduksi hormon endorfin; hormon yang membuat perasaan senang atau lebih baik.

  1. Meningkatkan kebugaran

Olahraga yoga dapat membantu mengolah kekuatan tubuh. Bila Anda mengikuti gerakan yoga yang benar, maka Anda akan mengetahui bahwa yoga juga menyita energi Anda sehingga bisa membakar tenaga yang sudah ditabung di tubuh. Selain itu, yoga dapat  membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh. Manfaat ini tentu tidak bisa didapatkan dalam sekali melakukan yoga, perlu konsistensi dalam melakukan yoga agar manfaat kebugaran didapat dengan maksimal.

  1. Mengurangi risiko penyakit kronis

Jika Anda memiliki risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Yoga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Bahkan, yoga juga dapat meringankan gejala nyeri, gangguan cemas, insomnia, dan depresi.

  1. Mengatasi sakit pada bagian punggung

Bagi Anda yang sering menderita sakit pada bagian punggung, yoga merupakan jenis olahraga yang tepat bagi Anda. Karena gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu Anda melenturkan tubuh.

  1. Mengurangi asma

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada penderita asma dewasa ringan hingga sedang menunjukkan, beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan dapat membantu meringankan gejala asma.

Lakukan yoga secara rutin demi kesehatan jiwa dan raga. Yoga tidak hanya bisa berguna untuk ketenangan pikiran, tapi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/manfaat-yoga-untuk-wanita/

akuinginsukses.com/15-manfaat-yoga-yang-menakjubkan-untuk-kesehatan/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store