MATA LELAH SAAT BEKERJA? LAKUKAN TIPS BERIKUT INI

3

Bekerja terkadang begitu mengasyikkan. Terkadang bekerja dapat menyebabkan kita lupa waktu dan tanpa sadar menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang dapat menjadi cukup serius. Salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali terjadi adalah gangguan pada mata. Gangguan ini biasanya disebut dengan eye strain.

Eye strain adalah keadaan saat mata terlalu lelah karena digunakan terlalu lama. Gangguan ini dapat dipicu oleh beberapa kondisi seperti menyetir jarak jauh, melihat layar komputer terlalu lama atau membaca buku terlalu lama. Untuk konteks pekerjaan, kasus eye strain yang umum diakibatkan karena melihat layar komputer terlalu lama. Para ahli memberi nama kelainan ini dengan digital eye strain.

Digital eye strain tidak hanya terjadi karena menatap layar komputer, tapi juga layar telepon genggam, tablet, atau perangkat elektronik yang serupa. Gejala yang muncul meningkat beriringan dengan penggunaan mata untuk menatap perangkat elektronik. Menurut penelitian para ahli, tercatat penduduk Amerika Serikat menghabiskan tujuh jam untuk bekerja di depan layar. Pekerjaan ini dilakukan baik dari rumah maupun di kantor.

Gejala yang dapat muncul akibat kelainan ini di antaranya adalah:

  • Mata lelah, dan didapatkan sensasi gatal dan panas
  • Mata kering atau berair
  • Mata kabur atau pAndangan gAnda
  • Nyeri kepala
  • Meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya
  • Sulit untuk berkonsentrasi

Gejala-gejala ini mudah muncul jika sebelumnya Anda memiliki kelainan mata seperti rabun dekat, rabun jauh, astigmatisme, atau presbiopi. Jika Anda memiliki kelainan mata, digital eye strain juga dapat cepat muncul. Kemudian kelainan ini juga diperparah jika didapatkan pencahayaan yang kurang, posisi duduk yang buruk, jarak mata dengan layar yang buruk, dan cahaya layar yang terlalu terang.

Jika Anda mendapati gejala-gejala dan kondisi seperti di atas yang muncul terus menerus, Anda dapat mencoba tips-tips di bawah ini guna mengurangi gejala yang ada. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi terjadinya digital eye strain adalah:

  • Duduk sekitar 25 inchi, atau sekitar sepanjang lengan dari layar koputer. Kondisikan layar komputer sehingga pAndangan Anda sedikit menunduk.
  • Sekarang di pasaran terdapat banyak filter yang dapat melindungi mata Anda dari sinar yang terlalu terang. Penggunaan filter ini dapat dipertimbangkan.
  • Istirahatkan mata Anda secara berkala. Gunakan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit Anda bekerja menatap layar, pindahkan pAndangan Anda untuk melihat obyek sejauh 20 kaki selama 20 detik.
  • Gunakan air mata buatan untuk Anda yang menderita mata kering. Pertimbangan lain adalah mengatur kelembaban dalam ruangan sehingga mata tidak mudah kering.
  • Jika sinar layar terlalu terang dibandingkan dengan cahaya sekitar, mata Anda harus bekerja lebih keras untuk melihat. Atur cahaya sekitar atau cahaya layar Anda.
  • Jika Anda menggunakan kontak lensa, Anda harus waspada. Lensa kontak menyebabkan mata cenderung kering dan menyebabkan iritasi. Jika menggunakan lensa kontak, istirahatkan mata Anda sesekali dengan cara memakai ckaca mata Anda. Jangan tidur menggunakan kontak lensa, dan jaga kebersihan lensa kontak.

Jika setelah mempraktikkan tips-tips di atas kondisi mata tidak membaik, segera kunjungi dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Karena bila gejala berlanjut, kemungkinan mata Anda menderita kelainan yang butuh penanganan khusus.(RPG)

Sumber

Bibliography

AAO. 2016. AAO. [online]. [Accessed 4 April 2019]. Available from World Wide Web: <https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/computer-usage>

(AAO, 2016)