MATA PLUS, BAGAIMANA MENGOBATINYA?

3

Pernahkah Anda mendengar apa itu mata plus atau minus? Apakah itu mata plus? Mata plus atau biasa dikenal dengan rabun jauh adalah keadaan dimana mata sulit untuk memfokuskan melihat objek yang dekat. Orang dengan mata plus atau juga disebut hyperopia dapat memiliki gejala kesulitan melihat objek yang dekat saja atau dapat juga berupa kesulitan dalam melihat objek jauh dan dekat. Keadaan ini disebabkan karena cahaya tidak dibiaskan dengan benar melalui kornea atau lensa yang tidak rata. Kornea adalah bagian dari mata yang jernih, bertugas menerima dan meneruskan cahaya ke mata. Lensa adalah struktur transparan dalam mata yang memfokuskan cahaya agar tepat jatuh di retina. Retina sendiri adalah lapisan saraf yang berada di belakang mata. Ia bertugas menerima cahaya dan mengirim impuls melalui saraf optik ke otak. Saraf optik inilah yang membawa sinyal dari mata ke otak sehingga otak dapat menafsirkannya sebagai gambar. Pada orang dengan pandangan normal, mereka memiliki bentuk kornea yang memiliki kelengkungan tertentu dan lensa yang sangat halus. Pada mata plus, sinar cahaya fokus pada titik di belakang retina hal ini yang menimbulkan penglihatan kabur ketika melihat objek yang lebih dekat.

Penatalaksanaan mata plus bertujuan untuk membantu fokus cahaya dengan benar pada retina. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

Lensa Korektif

Pada orang yang masih muda, mata plus terkadang tidak memerlukan koreksi karena mata mereka masih dapat melakukan kompensasi dengan memfokuskan objek lebih dekat. Ada dua jenis utama dari lensa korektif yaitu kacamata dan kontak lensa.

Bedah Refraktif

Ini merupakan tindakan operatif untuk menyembuhkan mata plus. Terdiri dari

  • Laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK) yaitu dengan membentuk kembali kelengkungan kornea dari intinya,
  • Laser epitel keratomileusis (LASEK) yaitu membentuk kembali kelengkungan tepi luar kornea,
  • Photorefractive keratotectomy (PRK) yaitu mengangkat lapisan luar kornea lalu dilakukan prosedur serupa dengan LASEK lapisan luar akan tumbuh kembali sekitar 10 hari,
  • Keratoplasti konduktif yaitu konea dibetuk kembali menggunakan probe pemancar frekuensi radio yang ditempatkan di tepi yang menyebabkan sedikit penyusutan pada bagian perifer.

Jadi, tidak semua mata plus atau rabun dekat ini perlu pengobatan, hal ini dikarenakan kekuatan akomodasi mata untuk menyesuaikan diri bukan karena berkurangnya plus mata tersebut. Ada berbagai metode pilihan untuk mengobati keluhan dari mata plus ini yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak semua pengobatan berupa operasi, karena pada beberapaorang yang menderita diabetes, gangguanimunitas, atau katarak adalahkontra-indikasiuntuktindakanoperasi. (ITA/STE/CM)

Sumber:

Nordqvist, C.  2017. Farsightedness: Causes and corrective treatments. https://www.medicalnewstoday.com/articles/180621.php18 April  2019