Mau Tetap Makan Junkfood, Tapi Tidak Mau Risiko Penyakitnya? Coba Trik Ubah Junkfood Jadi Makanan Sehat

348

Tidak bisa dipungkiri junk food adalah makanan yang sangat menggoda. Rasanya yang enak, mudah di dapat membuat makanan ini menjadi makanan favorit untuk kebanyakan orang. Jnk food adalah istilah untuk makanan yang tidak sehat, mengandung lemak dan kalori tinggi dan memiliki sedikit kandungan nutrisi. Sehingga memang bisa dikatakan makanan ini adalah makanan sampah karena tidak akan menjadi nutrisi tepat bagi tubuh.

Yang tergolong junk food seperti ayam goreng. Pizza dan tahukah Anda bahwa saat Anda makan sepaket makanan tersebut misalnya berisi ayam goreng dengan kulit yang renyah, kentang goreng yang gurih dan minuman soda memiliki kalori lebih dari 1000 kalori., sangat tinggi bukan?

Yang paling ditakutkan adalah bahaya akibat makanan tersebut yaitu akan memicu penyakit seperti penyakit kencing manis, stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung dan lain-lain. Untuk membantu Anda menghindari masalah tersebut tapi masih ingin menikmati junk food, boleh-boleh saja. Tapi Anda harus memasak sendiri dan menggunakan trik dibawah ini.

Ganti minyak

Untuk menggoreng jangan lagi menggunakan minyak biasa gantilah dengan minyak zaitun atau Anda bisa mengganti dengan minyak spray untuk memasak. Cara ini akan membantu mencegah racun yang tidak perlu karena proses penggorengan dengan minyak akan berkurang. Semakin sedikit minyak yang masuk dalam tubuh Anda, maka Anda akan menjadi lebih sehat.

Ganti beras Anda

Kebanyakan orang Indonesia selain makan junk food maka akan ditambahkan dengan nasi. Sudah kalori dari junk food banyak ditambah dengan nasi putih. Maka kalori yang masuk kedalam tubuh Anda akan semakin banyak.

Oleh karena itu mulai sekarang ganti beras Anda menjadi beras merah, pada awalnya rasanya akan aneh. Tapi bila sudah sering memakannya maka Anda akan terbiasa.

Cukup makan putih telur

Kuning telur mengandung lebih banyak kalori dan lemak daripada putih telur. Jadi hindari bagian kuning telur di semua hidangan Anda. Bila merasa kurang karena hanya menggunakan putih telur, masih lebih baik Anda makan 2 butir telur yang diambil putih telurnya saja dibanding maka 1 buah telur secara utuh.

Gunakan produk susu rendah lemak

Apabila Anda menggunakan produk susu dalam makanan Anda, maka ganti susu penuh lemak dengan susu skim. Cara ini juga membantu mencegah terlalu banyak kalori masuk ke dalam tubuh Anda.

Tambahkan lebih banyak sayuran

Anda mungkin membenci ide ini. Dengan cara ini akan membantu lebih banyak serat dan nutrisi yang masuk dalam tubuh Anda mengimbangi masuknya makanan tidak sehat dalam tubuh Anda.

Minum air putih

Apabila Anda memang ingin makan makanan tidak sehat ini, maka cukup yang tidak sehat dari makanannya saja. Jangan tambah dengan minum minuman yang tidak sehat juga. Jadi bila Anda makan junk food maka cukup minum air putih yang membantu mengurangi kalori berlebihan masuk dalam tubuh.

 

Sumber: magforwomen