Melakukan Tindakan Pencegahan Sebagai Kebiasaan

124

Selama ini kita sudah membahas mengenai pentingnya tindakan pencegahan yang termasuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes untuk meningkatkan taraf kesehatan.

Olahraga yang teratur dan melakukan tes skrining kesehatan merupakan langkah penting untuk kesehatan Anda. Hasil tes akan menunjukkan gambaran singkat mengenai status kesehatan kita dan memberikan kita kesempatan untuk membuat perubahan pola hidup menjadi lebih sehat. tes skrining juga dapat mendeteksi masalah lebih awal ketika gejala belum muncul, yang sering menjadi kunci kesuksesan suatu pengobatan.

Tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi daoat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari penyakit jantung sampai stroke. Kombinasi dari kondisi diatas menjadi penyebab banyak kematian di dunia. Ketika tekanan darah tinggi, pre-diabetes dan kolesterol tinggi terdeteksi tepat pada waktunya kemudian diikuti dengan perubahan pola hidup lebih sehat akan mengurangi kemungkinan terserang penyakit berbahaya.

Skrining untuk tekanan darah tinggi hanya memerlukan waktu kira-kira 5 menit dan memeriksakan kolesterol dan gula darah merupakan jenis pemeriksaan darah yang sederhana yang sangat mudah dilakukan. Tindakan skrening dapat membantu mendeteksi adanya sel kanker pada tahap awal dan menyelamatkan hidup.

Konsultasikan dengan dokter Anda apakah pemeriksaan skrining berikut direkomendasikan untuk Anda:

  • Hipertensi

Setelah berusia 18 tahun Anda harus memeriksakan tekanan darah minimal sekali dalam 2 tahun. Jika dibawah atau diatas normal maka harus dimonitor secara reguler.

  • Diabetes

Orang dewasa berusia 45 tahun keatas atau semua orang dewasa dengan hipertensi atau indeks masa tubuh diatas 25 harus memeriksakan gula darah puasanya dengan teratur.

  • Kolesterol

Total kolesterol, kolesterol LDL, kolesterol HDL dan trigliserida harus diperiksa setiap 5 tahun setelah berusia 20 tahun keatas dan dievaluasi hasilnya

  • Kanker kolorektal

Pada usia 50 tahun seorang dewasa harus mulai membicarakan pentingnya melakukan tes mengenai kanker kolorektal dengan dokternya.

Imunisasi memang bukan termasuk skrining, tetapi imunisasi juga memainkan peranan penting dalam tindakan pencegahan penyakit. Periksakan diri ke dokter dan perbarui diri Anda dengan pengetahuan mengena semua jenis imunisasi yang direkomendasikan.

Tindakan pencegahan lain yang bisa dilakukan:

  • Makanan makanan sehatn menghindari tembakau
  • Lengkapi diri dengan asuransi untuk mengurangi biaya saat memerlukan pengobatan
  • Memeriksakan diri secara teratur
  • Makan makanan yang mengandung serat seperti sayuran, buah, dan lain-lain.

Sumber: mayoklinik