Melasma

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

204

Bicara tentang melasma, pasti sangat jarang Anda dengar. Padahal penyakit ini merupakan penyakit kulit yang umum terjadi dan bisa saja Anda alami. Olehnya kamu perlu mengetahui apa sih melasma ini. Nah, untuk penjelasan lengkap mengenai penyakit kulit melisma, simak pada artikel di bawah ini.

Apa itu melasma?

Melasma adalah masalah kulit yang umum terjadi, biasanya berupa bercak gelap dan merubah warna pada kulit. Melasma sering juga disebut chloasma. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, meskipun pria juga bisa mendapatkannya.

Gejala melasma?

Melasma menyebabkan adanya bercak atau flek yang lebih gelap dari warna kulit biasanya. Biasanya terjadi pada wajah, dengan tanda yang sama pada kedua sisi wajah, dalam hal ini simetris pada kedua wajah. Namun, melasma juga dapat terjadi di area lain dari tubuh yang sering terkena sinar matahari.

Bercak berwarna kecoklatan biasanya muncul di:

  1. Pipi
  2. Dahi
  3. Hidung
  4. Dagu
  5. Bisa juga terjadi pada leher dan lengan bawah.

Perubahan warna kulit tidak berbahaya secara fisik, tetapi mungkin Anda merasa tidak percaya diri terhadap penampilan Anda.

Penyebab dan faktor risiko melasma

Penyebab melasma belum jelas diketahui. Namun berikut beberapa penyebab yang telah dipastikan yaitu:

  1. Orang berkulit gelap lebih berisiko daripada mereka dengan kulit yang cerah.
  2. Sensitivitas estrogen dan progesteron juga terkait dengan kondisi tersebut. Ini berarti pil KB, kehamilan, dan terapi hormon semua dapat memicu melasma.
  3. Stres dan penyakit tiroid juga dianggap sebagai penyebab melasma.
  4. Selain itu, paparan sinar matahari dapat menyebabkan melasma karena sinar ultraviolet mempengaruhi sel-sel yang mengontrol pigmen (melanosit).
  5. Wanita hamil juga dapat mengalami melasma karena diketahui wanita hamil mengalami peningkatan kadar estrogen, progesteron, dan melanosit-stimulating hormone (MSH) selama trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Pengobatan Melasma

Bagi sebagian wanita, melasma menghilang dengan sendirinya. Ini biasanya terjadi ketika disebabkan oleh pil kehamilan atau pil KB.

Selain itu, biasanya dokter akan meresepkan krim yang dapat meringankan kulit. contohnya steroid topikal untuk membantu meringankan area yang terkena. Akan tetapi ini tidak menjamin melasma tidak akan kembali. Dalam beberapa kasus melasma juga tidak dapat sepenuhnya diringankan meski sudah diberikan obat dalam jangka waktu yang lama. Anda mungkin harus kembali ke dokter untuk perawatan kulit tertentu untuk mengurangi risiko melasma kembali. Termasuk meminimalkan paparan sinar matahari dan memakai tabir surya setiap hari. (LM)

Referensi

Gary W. Cole, F. (2018). Melasma Treatment, Causes & Home Remedies. Retrieved from https://medicinenet.com/melasma/article.htm

Melasma: Symptoms, Diagnosis, and Treatments. (2018). Retrieved from https://healthline.com/health/melasma


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store