MEMAHAMI CARA PENULARAN VIRUS CORONA DAN CARA MENGHINDARINYA

32

Penyebaran virus corona (COVID-19) makin meluas hingga menjadi perhatian bagi seluruh dunia. Penambahan jumlah kasus infeksi virus corona berlangsung cukup cepat. Untuk itu penting bagi seluruh masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyebaran penyakit ini.

Bagaimana cara penularan penyakit ini?

Mekanisme penularan belum diketahui secara pasti. Diperkirakan penularan virus ini dapat melalui:

  • Percikan dahak (droplet) pada saat pasien batuk atau bersin
  • Kontak jarak dekat dengan orang yang terinfeksi, seperti bersentuhan dan berjabat tangan

Bagaimana cara mencegah penularan virus ini?

Saat ini tidak ada vaksin untuk mencegah penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Cara terbaik untuk mencegah penyakit adalah menghindari terkena virus ini. Lakukan langkah berikut untuk mencegah penularan infeksi virus ini, diantaranya:

  • Ketahui cara penularan penyakit

Virus ini diperkirakan menyebar terutama dari orang ke orang. Antara orang yang bersentuhan erat satu sama lain (dalam jarak sekitar 6 kaki).

  • Rajin mencuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik terutama setelah Anda berada di tempat umum, atau setelah meniup hidung, batuk, atau bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Jangan menyentuh wajah (mata, mulut, dan hidung) dengan tangan yang tidak di cuci.

  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit

Beri jarak antara diri Anda dan orang lain jika COVID-19 menyebar di komunitas Anda. Hal ini sangat penting untuk memutuskan rantai penularan penyakit dan menurunkan tingkat keparahan penyakit terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi tertular.

  • Istirahat di rumah jika Anda sakit

Jika Anda merasa dalam kondisi yang tidak sehat, sebaiknya hindari mengunjungi tempat keramaian terutama jika infeksi ini telah menyebar di komunitas atau negara Anda.

  • Ketahui etika batuk

Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu ketika Anda batuk atau bersin atau gunakan bagian dalam siku Anda. Buanglah bekas tisu yang Anda gunakan ketika batuk ke tempat sampah, kemudian cuci tangan Anda menggunakan sabun.

  • Gunakan masker jika Anda sakit

Anda harus mengenakan masker muka ketika Anda berada di sekitar orang lain. Jika Anda tidak sakit Andatidak perlu memakai masker muka. Masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah (surgical mask) dan masker N95.

  • Jaga kebersihan ruangan sekitar Anda

Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh setiap hari. Ini termasuk meja, gagang pintu, sakelar lampu, countertops, gagang, meja, telepon, keyboard, toilet, keran, dan bak cuci. (PP)

Referensi:

CDC. 2020. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).