MEMBENCI DIRI SENDIRI? BEGINI CARA MENGHENTIKANNYA

10

Membenci diri sendiri menjadi salah satu sikap yang mungkin hampir dialami oleh setiap orang. Setiap membuat kesalahan, Anda mungkin tidak dapat berhenti mengkritik dan menghakimi diri sendiri. Pikiran negatif ini biasanya muncul karena berbagai faktor, contohnya memiliki masa lalu yang buruk. Selain itu, penyebab lain Anda mengalami hal ini, mungkin bisa disebabkan oleh:

  • Pernah mengalami trauma

Orang yang masa lalunya mengalami trauma tertentu, cenderung memiliki cara pandang berbeda terhadap dirinya. Jika orangtua atau orang terdekat Anda menanamkan pandangan yang buruk terhadap diri Anda sendiri sejak masih kecil, maka hal ini akan berpengaruh pada pribadi Anda sampai dewasa. 

  • Mencoba menyenangkan orang lain

Ketika Anda punya prinsip ingin menyenangkan orang lain tetapi gagal, maka perasaan benci terhadap diri sendiri bisa muncul. Hal ini terjadi kemungkinan karena Anda merasa mengecewakan orang tersebut dan merasa tidak bermanfaat bagi orang lain. 

  • Memiliki ekspektasi terlalu tinggi

Sebenarnya, keinginan untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan hasil terbaik adalah hal yang wajar. Akan tetapi, ketika standar yang harus dipenuhi terlalu tinggi, hal ini bisa saja menyakiti diri sendiri. Standar yang terlalu tinggi, bisa membuat Anda merasa gagal jika tidak dapat mencapainya. Hal ini kemudian akan menimbulkan kritik batin terhadap diri sendiri, dan muncul perasaan kecewa, serta membenci diri sendiri. 

Agar tidak memengaruhi kondisi kejiwaan Anda, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikannya, diantaranya:

  • Kurangi mengkritik diri sendiri

Kurangi bahkan hindarilah mengkritik diri sendiri. Cobalah untuk lebih menghargai usaha yang telah dilakukan selama ini, meski belum membuahkan hasil yang maksimal.

  • Tumbuhkan rasa cinta terhadap diri sendiri

Dengan menumbuhkan rasa mencintai diri sendiri, kebencian yang ada dalam diri pasti bisa dihilangkan. Ingatlah, bahwa segala sesuatu tidak ada yang sempurna dan kegagalan adalah hal yang wajar terjadi dalam hidup.

  • Belajar menerima pujian dari orang lain

Membenci diri sendiri, tidak jarang membuat Anda menutup diri dari pujian orang lain. Padahal, hal ini bisa dijadikan sebuah motivasi agar Anda bisa menjadi lebih baik lagi di kemudian hari.

  • Belajar memaafkan diri sendiri

Kunci utama untuk meredam perasaan benci terhadap diri sendiri adalah memaafkan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri dapat dilakukan dengan belajar dari kesalahan yang pernah dialami sebelumnya. Terimalah kegagalan sebagai pembelajaran hidup, agar nantinya bisa memberikan semangat dan motivasi untuk melakukan yang lebih baik kedepannya.

Menghentikan perasaan membenci diri sendiri, yang mungkin muncul dalam kehidupan sehari-hari memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, dengan selalu berpikir positif dan memiliki niat yang kuat, maka hal ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Temuilah seorang ahli atau psikolog untuk membantu Anda jika merasa kesulitan. (RD/PAY)

Referensi:

Linberg S. How to forgive yourself. Healthline. 2018

Psychologypedia. Self loathing: causes and solutions. 2019

Clarke J. How to stop your self-hatred. Verywell Mind. 2019