Memberikan Asi Eksklusif Sambil Bekerja

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

275

Bunda ingin memberikan ASI Eksklusif tapi terkendala karena segera harus masuk kerja? Kembali bekerja setelah masa cuti bersalin menjadi penyebab ibu sering kali gagal memberkan ASI Eksklusif. Biasanya yang menjadi kendala adalah jatah cuti melahirkan yang terbatas (pada umumnya hanya 3 bulan) dan lingkungan kerja yang tidak mendukung untuk pemberian ASI Eksklusif.

Bunda tidak perlu khawatir, meskipun sibuk dengan pekerjaan kantor, bunda tetap dapat memberikan ASI Eksklusif pada si Kecil. Berikut beberapa tips dari kami untuk para ibu bekerja.

  1. Persiapan diri dan bayi

Sebelum bekerja bunda perlu untuk menyiapkan keperluan bunda dan bayi seperti menyediakan peralatan untuk memerah ASI, pengasuh bayi, dan lain-lain. Selain itu jangan lupa bunda harus mengajari bayi untuk bagaimana minum dengan ASI perah menggunakan botol atau feeder cup.

  1. Belajar memerah ASI

Ibu dapat memerah ASI dengan tangan, pompa ASI manual atau pompa ASI elektrik. Saat memerah ASI mungkin ibu merasa kesakitan atau ASI yang keluar sedikit, tetapi jangan khawatir seiring berjalan waktu bunda akan terbiasa melakukannya.

  1. Menyimpan ASI perah

Hal lain yang penting diketahui adalah cara menyimpan ASI yang telah diperah dengan benar. Cara penyimpanan ASI perah yang salah akan merusak kualitas ASI. Simpan ASI perah dalam wadah yang aman, pasang label, dan tulis tanggal pemerahan ASI di label tersebut. Jika ASI perah akan disimpan untuk sementara di fasilitas bersama di kantor, jangan lupa tuliskan juga nama anak pada label agar tidak tertukar. Panduan untuk lama penyimpanan adalah sebagai berikut :

  1. Deep freezer (-20°C) : 6 – 12 bulan
  2. Freezer di kulkas 2 pintu (-18°C) : 3-6 bulan
  3. Freezer di kulkas 1 pintu (-15°C) : 2 minggu
  4. Kulkas (4°C) : 5 hari
  5. Insulated cooler dengan ice packs : 24 jam
  6. Ruangan dengan suhu < 25°C : 2-4 jam
  7. Ruangan dengan suhu > 25°C : 1 jam
  8. Hindari stress

Jika Bunda stress akan membahayakan produksi ASI yaitu akan menghambat ASI sehingga kuantitas menjadi terganggu. Sebaiknya bunda menghindari stress, cobalah untuk istirahat ketika sudah merasa lelah atau tidur.

Ingat sediakan stok ASI sebelum bunda pergi bekerja agar bayi tetap minum ASI eksklusif. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi bunda. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Cara Memberikan ASI Eksklusif Untuk Ibu Bekerja. https://lancarasi.net/cara-memberikan-asi-eksklusif-untuk-ibu-bekerja/
  2. Quamila A. 6 Jurus Jitu Tetap Jalani ASI Eksklusif Bagi Ibu Bekerja. https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/tips-asi-eksklusif-untuk-ibu-bekerja/
  3. Shinta A. 5 Cara Memberikan ASI Eklsklusif Bagi Ibu Bekerja. https://www.rappler.com/indonesia/143540-5-cara-beri-asi-eksklusif-ibu-bekerja

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store