Membersihkan miss v dengan sirih, amankah?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

96

Kesehatan sangat erat kaitannya dengan kebersihan. Tidak hanya dengan menjaga kebersihan kulit, wajah, atau rambut, tetapi juga daerah kewanitaan. Banyak orang percaya jika daun sirih (Piper betle L.) bisa digunakan untuk membersihkan Miss V dari kuman dan bau. Namun, benarkah demikian? Ataukah hanya mitos saja? Mari simak artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut!

 

Sejak dahulu kala, daun sirih sangat terkenal dengan manfaatnya pada kesehatan, beberapa diantaranya adalah digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit [1] dan sebagai antibakteri karena mengandung 4,2% minyak atsiri  [2]. Namun untuk membersihkan Miss V, apakah daun sirih cukup aman digunakan? Terlebih saat ini, sangat mudah kita temukan beragam label sabun pembersih vagina yang terbuat dari daun sirih di pasaran.

Daerah intim perempuan adalah “ekosistem” yang rumit, dimana di dalamnya terdapat banyak bakteri, yaitu 1) flora normal atau baik sebagai tuan rumah dan 2)  bakteri pendatang yang jahat dan siap menyerang kapan pun saat bakteri baik lengah. Bakteri baik ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa Miss V dalam keadaan yang pas sehingga flora normal bisa hidup dengan baik namun bakteri pendatang justru sekarat. Bakteri baik ini adalah bagian dari pertahanan alami tubuh mencegah kuman-kuman yang jahat masuk, mengingat Miss V adalah “gerbang” yang menghubungkan antara organ kewanitaan yang lebih dalam dengan dunia luar.               Penggunaan air rebusan sirih atau sabun pembersih sirih jika dilakukan dengan wajar mungkin bisa membantu membunuh bakteri yang buruk saja. Namun jika penggunaannya berlebihan justru akan  mematikan semua kuman, baik yang baik maupun yang buruk. Ketika ini terjadi, maka bakteri jahat akan lebih mudah menyerang Miss V dan menimbulkan penyakit, yang paling sering adalah fluor albus atau keputihan, seperti penelitian yang telah dilakukan sebelumnya[3].                Mengingat adanya bakteri baik, tanpa penggunaan air rebusan dauh sirih pun Miss V bisa memberishkan dirinya sendiri, asalkan diimbangi dengan perlilaku sehat menjaga Miss V seperti tidak menggunakan celana dalam yang terlalu ketat, membersihkan Miss V dengan teknik yang benar yaitu dari depan ke belakang dan menggunakan air mengalir atau tidak menggunakan tisu basah yang bisa mengiritasi Miss V dan sebagainya.               Demikian penjelasan mengenai sabun sirih dan Miss V. Semoga bermanfaat! (MEG)

  1. Syukur, C. and Hernani, Budidaya Tanaman Obat Tradisional. 1999, Jakarta: PT.Penebar Swadaya.
  2. Sastroamidjojo, S., Obat Asli Indonesia. 1997, Jakarta: Dian Rakyat.
  3. Widodo, A.H., IDENTIFIKASI TINGKAT KEPUTIHAN (FLUOR ALBUS) PADA MAHASISWI YANG MENGGUNAKAN SABUN SIRIH (STUDI PADA MAHASISWI ILMU KEPERAWATAN ANGKATAN 2010 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG), in FAKULTAS ILMU KESEHATAN. 2015, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store