Membersihkan Tangan Dengan Hand Sanitizer, Apakah Cukup?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

85

Kebersihan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Kebersihan besar kaitannya dengan kesehatan, kebersihan tangan salah satunya. Kebersihan tangan (hand hygiene) adalah istilah umum untuk segala upaya dalam membersihkan tangan. Hal ini penting uncuk mencegah terjadinyta infeksi. Hand hygiene prinsipnya dibagi menjadi 2 yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air. Yang kedua yaitu menggosok dan membersihkan tangan dengan alkohol. Lalu manakah yang lebih baik? Apakah hand sanitizer saja cukup? Mengingat masa kini banyak masyarakat yang membawa hand sanitizer kemanapun sehingga lebih memilih menggunakan sanitizer saat ingin membersihkan tangan.

Hand sanitizer merupakan cairan atau gels yang digunakan untuk menurunkan agen infeksius pada tangan. Umumnya mengandung alkohol dengan kandungan 60-95% yaitu kombinasi dari isopropyl alcohol, ethanol (ethyl alcohol), dan n-propanol. Sedangkan yang nonalkohol mengandung benzalkonium chloride atau triclosan yang memiliki fungsi membunuh kuman seperti alkohol, namun efektifitas alkohol membunuh kuman lebih baik.

Hand sanitizer dinilai lebih praktis karena tidak perlu mengeringkan tangan, bisa dipakai tanpa menggunakan air, dan lebih cepat penggunaanya. Pada prinsipnya baik menggunakan sabun atau hand sanitizer baik, air dan sabun lebih direkomendasikan jika tangan Anda sangat kotor dan berminyak.

Yang paling penting yaitu prinsip dari 6 langkah cuci tangan antara lain:

  1. Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Pencucian tangan dengan air dan sabun (handwash) dilakukan 40-60 detik sedangan handrub dilakukan 20-30 detik. Jadi pada prinsipnya hand sanitizer sama baiknya dengan mencuci tangan dengan air dan sabun, yang penting langkah-langkah pencucian tangan.

Hati-hati terhadap penggunaan hand sanitizer pada anak-anak. Jangan biarkan anak memakai hand sanitizer sendiri karena ada risiko tertelan. Selain itu hand sanitizer dengan alkohol memiliki risiko menyebabkan tangan kering sehingga ada kandungan glycerol, karena alasan ini hand sanitizer harus diselangi dengan  mencuci tangan dengan air dan sabun sehingga tidak terlalu sering bersentuhan dengan alkohol. Selain itu kandungan alcohol 60-90% ini berisiko untuk terbakar sehingga harus hati-hati dalam pengguanan dan penyimpanannya. (KEZ)

Sumber gambar: https://2.bp.blogspot.com/-n9LCG8EomEk/VytYQTTGd9I/AAAAAAAABmw/a6pXqWh7Fl47rd-fEb6TdAaXGzN6PYcQwCLcB/s1600/hand-sanitizer.jpg


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store