Membiasakan Si Kecil Hidup Sehat Sejak Dini

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

147

Gaya hidup sehat penting diterapkan sejak dini agar kualitas hidup anak lebih baik hingga dewasa nanti. Makanan dan minuman yang bergizi, akan memengaruhi tumbuh kembang anak. Sementara aktivitas fisik penting melatih perkembangan otak dan motoriknya.

Seiring berkembangnya zaman, kesadaran orangtua untuk mengajarkan hidup sehat kepada buah hatinya pun meningkat. Kini lebih banyak orangtua yang mengikutkan anak ke tempat bermain, aktivitas outbound, dan berusaha mengolah sendiri makanan sehat demi keluarga.

Penerapan gaya hidup sehat memang seharusnya dilakukan sejak dini, agar kebiasaan dalam menerapkan gaya hidup yang sehat dapat terus dilakukan hingga dewasa. Dengan kebiasaan yang ditanamkan sejak usia anak-anak, anak-anak cenderung akan menerapkan kebiasaan tersebut hingga anak sudah dewasa nanti. Menanamkan kebiasaan gaya hidup sehat penting untuk dilakukan, karena gaya hidup yang sehat akan membawa kita pada keadaan tubuh yang sehat pula; jauh dari penyakit, serta membantu meningkatkan produktivitas kerja sehari-hari.

Pola hidup yang sehat sejak dini tidak hanya membuat anak terbiasa, namun juga akan mendukung tumbuh kembang dan asupan gizi yang baik untuk anak. Berikut tips agar anak terbiasa dengan pola hidup sehat, yaitu:

  1. Membiasakan camilan sehat

Anak yang mengonsumsi camilan sehat sejak dini akan terbiasa dengan rasa makanan yang sehat tersebut hingga dewasa. Untuk itu tanamkan pada anak bahwa camilan yang sehat adalah camilan yang rendah lemak, rendah gula, dan rendah garam. Utamakan untuk mengonsumsi camilan dari olahan buah dan kacang-kacangan.

  1. Memilih media yang baik untuk anak

Agar anak bisa terbiasa dengan pola makan sehat maka hindari memilih acara televisi, tokoh kartun, lagu, atau poster yang tidak mengunggulkan makanan sehat. Hal ini akan sangat berpengaruh pada anak karena anak mudah tertarik dan meniru hal yang baru dikenalnya.

  1. Usahakan agar anak selalu makan malam bersama keluarga

Makan malam bersama keluarga akan menciptakan keakraban dan melengkapi kebutuhan tumbuh kembang harian anak. Mirip dengan poin sebelumnya, makan malam bersama akan membuat anak fokus pada makanannya dan akan menciptakan waktu makan yang teratur.

  1. Usahakan agar anak selalu makan malam bersama keluarga

Usahakan agar keempat pola makan di atas bisa selalu diterapkan dengan rutin agar anak terbiasa makan sehat. Jangan lupa pastikan agar anak selalu tidur cukup.

Selain cara-cara di atas, penting juga untuk menanamkan kesadaran pada anak sejak dini. Contohnya adalah membiasakan cuci tangan sebelum makan, setelah dari kamar mandi, ataupun setelah memegang binatang. Kebiasaan baik ini harus diajarkan dan dicontohkan sendiri oleh orangtua agar anak bisa meniru dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jelaskan pada anak mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar tidak mudah tertular penyakit. Dengan pemahaman yang ditanamkan sejak dini dan dibarengi dengan praktek langsung secara konsisten, penerapan gaya hidup sehat akan terbawa sampai anak dewasa. Saat anak sudah dewasa, akan mudah baginya untuk mempertahankan gaya hidup yang dimulai sejak usia dini ini. (EDA)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store