Memerangi Proses Penuaan Pada Lansia Dengan Gaya Hidup Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

471

Menurut WHO, lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun keatas. Kelompok ini akan mengalami proses yang disebut proses penuaan. Oleh karena itu, maka lansia memerlukan perhatian dan perubahan khusus dalam menjalani pola hidup. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lansia tetap sehat.

  1. Mengatur pola makan yang baik

Pola makan yang baik merupakan hal yang paling utama bagi lansia. Pastikan lansia mengonsumsi makanan yang sehat seperti gandum, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan serta hindari makanan yang dapat memicu kolestrol dan penyakit lainnya. Cobalah menciptakan suasana yang menyenangkan di meja makan, buat hiasan semenarik mungkin sehingga dapat menimbulkan selera bagi lansia.

  1. Batasi gula, garam dan lemak pada makanan Lansia

Membatasi konsumsi gula, garam dan lemak sangat penting untuk menjaga kesehatan lansia mengingat sistem pencernaan mereka tidak bisa bekerja semaksimal saat masih muda dulu. Apabila asupan gula, garam, dan lemak ini tidak dibatasi, maka lansia akan berisiko lebih tinggi mengalami hipertensi, kolesterol tinggi, hiperglikemia, stroke, penyakit jantung, dan diabetes.

  1. Hindari alkohol dan rokok

Gaya hidup sehat yang Anda lakukan akan sia-sia apabila Anda merokok atau minum Alkohol. Pada usia tua, paru-paru dan jantung mengalami penurunan daya tahan sehingga toksin (racun) yang masuk dalam tubuh tidak mudah untuk dikeluarkan. Rokok dan alkohol punya banyak dampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi mereka yang menjadikan kebiasaan ini sejak usia muda dan meneruskannya hingga di usia lanjut.

  1. Membiasakan olahraga di pagi hari

Pastikan lansia untuk tetap berolahraga ringan minimal 3 kali seminggu seperti berjalan kaki, yoga, berenang, atau bersepeda. Senam juga dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih kuat, mencegah tulang keropos, meningkatkan suasana hati, serta melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

5. Memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh lansia

Asupan pola makan lansia yang tidak kalah penting adalah cairan. Kebanyakan lansia sering kesulitan memenuhi kebutuhan cairan hariannya. Itu sebabnya, mereka lebih rentan terkena dehidrasi. Nah, untuk menghindari dehidrasi, pastikan para lansia memenuhi kebutuhan asupan cairannya dengan baik dengan konsumsi makanan yang berkuah seperti sup atau buah dan sayuran yang banyak mengandung air. Tidak hanya menghindari dehidrasi, cara ini juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan lansia untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya yang rawan.

Lansia rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Apabila gaya hidup yang sehat menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap harinya, niscaya lansia dapat tetap aktif dan bahagia. Salam sehat Pakdok! (RA/CM)

DAFTAR PUSTAKA


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store