Memilih Kosmetika Yang Aman

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

181

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), selama lima tahun terakhir terdapat 118.000 produk kosmetik baru yang didaftarkan. Artinya banyaknya jumlah produk dan pengguna kosmetik di Indonesia, pengawasan akan keamanan kosmetik juga semakin dibutuhkan.

Kian maraknya kasus kosmetik palsu di masyarakat mengharuskan Anda untuk lebih jeli saat memilih dan mebeli kosmetik. Berikut beberapa langkah dalam memilih kosmetik yang aman:

  1. Cek KLIK

Cara pertama sebelum membeli produk kosmetik adalah cek KLIK. Cek KLIK artinya cek Kemasan, Label, Izin edar, dan tanggal Kedaluwarsa pada kosmetik. KLIK biasanya tertera pada bagian samping dari kemasan, namun tidak jarang pula, beberapa kosmetik menempatkan tanggal kadaluwarsanya pada bagian bawah dari kemasan.

  1. Jangan hanya tertarik pada harga murah

Sebagian besar konsumen mengeluhkan harga kosmetik yang kian mahal dan membuat kantong jebol. Karena itulah, banyak orang yang mulai melirik produk kosmetik yang sama, namun dijual dengan harga yang lebih murah, bahkan terkadang cenderung tidak masuk akal.

Harga kosmetik yang murah memang tidak menguras kantong, tetapi diam-diam dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Pasalnya, sudah banyak kasus yang membuktikan bahwa beberapa produk kosmetik dengan harga murah ternyata palsu dan ilegal. Bila demikian, kandungannya tentu tidak dapat dipastikan apakah benar-benar aman atau tidak.

  1. Beli di toko kosmetik yang terpercaya

Agar mendapatkan produk kosmetik yang aman, pastikan Anda membelinya di toko yang terpercaya. Selain toko konvensional, kini sudah banyak toko online yang juga menjual kosmetik kesayangan Anda. Akan tetapi, pastikan bahwa toko tersebut benar-benar terpercaya dan menjual produk kosmetik yang asli.

  1. Perhatikan reaksi setelah memakai kosmetik

Bagi Anda yang sudah sering membeli kosmetik tentu sudah handal dalam mencoba tester kosmetik. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk ke bagian punggung tangan untuk melihat tekstur dan warna, apakah cocok dengan yang Anda cari atau tidak.

Meski demikian, punggung tangan masih kurang sensitif dibandingkan dengan wajah kita, karena aliran darah di bawah kulit wajah lebih banyak daripada aliran darah di bawah kulit punggung tangan. Oleh sebab itu, saat Anda mencoba sedikit produk pada punggung tangan Anda dan baik-baik saja, belum tentu produk tersebut akan aman saat Anda gunakan pada wajah Anda.

Apabila terjadi reaksi tidak biasa seperti kemerahan, rasa terbakar, gatal, pengelupasan atau luka berlebihan pada wajah, serta berbagai reaksi alergi atau ketidakcocokan lainnya, sebaiknya hentikan terlebih dahulu semua kosmetik yang Anda gunakan. Setelah itu, berkonsultasilah dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat untuk mengurangi gejala. Setelah gejalanya membaik, Anda dapat mencoba kembali satu persatu kosmetik yang Anda gunakan untuk memastikan, kosmetik mana yang cocok dan yang tidak cocok dengan kulit Anda.

Demikian beberapa tips yang dapat diberikan dalam memilih kosmetik yang aman. Ingat, bijaksana selalu dalam memilih kosmetik. (RH/STE)

Sumber :


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store